Yesaya 52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Awal kebijaksanaan adalah memanggil sesuatu dengan namanya yg benar. (Pepatah Cina)

la ilaha illa Allah –> (tulisan Bapak Herlianto - YABINA)

“Membaca atau mendengar judul diatas, tentulah kita segera akan mengatakan bahwa itu adalah bagian pertama dari Syahadat (Credo/Pengakuan Iman) agama Islam seperti tertulis dalam QS. 47:19.”

Benar! Tetapi perlu diketahui bahwa kalimat itu sudah diucapkan oleh umat Kristen Arab jauh sebelum kehadiran agama Islam dengan Al-Qurannya yang lahir pada abad VII! (yang kemudian ditulis dalam Alkitab dalam bahasa Arab), yaitu ketika mereka membaca surat rasul Paulus yang pertama kepada jemaat di Korintus yang aslinya dalam bahasa Yunani berbunyi: “oudeis theos eimee heis” dan diucapkan oleh umat Kristen Arab seperti judul diatas, dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai ‘tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa’ (1Kor. 8:4).

Berbeda dengan anggapan orang bahwa Allah itu nama Tuhannya Islam, nama dewa masa Jahiliah, atau nama dewa bulan Babilonia, penggunaan nama Allah di kalangan Yahudi keturunan Abraham dan umat Kristen sejak pertobatan orang Arab Kristen awal (Kis. 2:11) sudah ada sejak awal berkembangnya dialek Arab lisan kemudian tulisan dan ditujukan kepada El/Elohim/Eloah Ibrani.

Seperti diketahui dari sejarah, bangsa Arab diturunkan rumpun Semitik melalui nenek-moyang Yoktan (anak Eber keturunan Aram, Kej. 10:22-29), Ismail (anak Abraham-Hagar, Kej. 25:13-16), dan Keturah (isteri Abraham, Kej. 25:1-4). Juga dalam sejarah diketahui bahwa nenek-moyang orang Arab yang dikenal sebagai Hanif (jmk. hunafa) terutama suku-suku Ibrahimiyah dan Ismaelliyah tetap melestarikan ibadat kepada Allah Ibrahim (El Abraham, ingat ‘Idul Adha’).

Data arkaeologi menemukan inskripsi sekitar masa Ezra (abad VI SM) dikalangan suku Lihyan yang bertuliskan nama ‘Allah.’ Suku Lihyan adalah keturunan suku Dedan keturunan Dedan cucu Ketura isteri Abraham. Pada masa itu Kitab Ezra dan Daniel (PL) juga sebagian ditulis dalam bahasa Aram dan menulis El/Elohim/Eloah dengan Elah/Alaha (Elah Yisrael, Ezr. 5:1;6:14), dan nama Allah Lihyan berasal dari nama Aram Alaha (dialek/bahasa Arab berkembang dari Nabatea Aram). Pada masa percakapan lisan sebelum berkembang bahasa tulisan, orang tidak mempersoalkan apakah menggunakan huruf ‘l’ tunggal atau jamak atau membedakan ejaan ‘e’ atau ‘a,’ demikian juga tidak jelas pembedaan antara nama diri atau sebutan/gelar.

Alkitab mencatat orang Arab yang masuk Kristen sudah ada sejak hari Pentakosta (Kis. 2:11). Sejak itu nama Allah sudah digunakan umat Kristen Arab, bahkan dalam Konsili Efesus (431 M) ada uskup Arab Harits bernama ‘Abdullah’ (Abdi Allah). Di kalangan Kristen ditemukan inskripsi Zabad (512 M) yang diawali kalimat ‘Bism al-Ilah’ (dengan/dalam nama Allah, bandingkan dengan ‘Bismillah ‘ di Al-Quran dengan ‘Beshem Elohim ‘ (Mzm. 20:6) dan ‘Beshum Elah ‘ (bahasa Aram, Ezr. 5:1) dalam Tanakh, dan inskripsi Umm al-Jimmal (abad VI M) diawali ucapan ‘Allahu Gafran’ (Allah mengampuni).

Ibadat kepada ‘Allah’ bukan milik agama Islam, bahkan Muhammad yang oleh pengikutnya diterima sebagai ‘nabi’ dan ‘rasul Allah’ berkata bahwa dalam sinagoga Yahudi, gereja Nasrani dan di Mesjid pada masa hidupnya sudah disebut ‘Tuhan kami Allah’ (QS. 22:40), maka logisnya nama itu sudah digunakan kedua agama pendahulu Islam itu sebelum ditulis dalam Al-Quran.

Sesudah kehadiran Islam di abad VII M, Palestina dikuasai kerajaan Islam berbahasa Arab (Arab, Mesir, Turki) dimana bahasa Aram sebagai bahasa percakapan sehari-hari orang Yahudi Palestina digantikan dengan bahasa Arab (Bahasa Ibrani hanya digunakan dalam salin-menyalin Tanakh). Baik orang Yahudi berbahasa Arab yang beragama Yahudi, Kristen, maupun Islam, dalam ibadat mereka semua menyebut ‘nama Allah’. Penjajahan berlangsung selama 13 abad (VII-XX M) sampai Israel berada dibawah kekuasaan Inggeris dengan mandat Liga Bangsa-Bangsa di tahun 1917. Sejak bangkitnya Zionisme pada akhir abad XIX, bahasa Ibrani modern dihidupkan kembali sebagai bahasa tulisan dan percakapan dikalangan orang Yahudi, sekalipun begitu pengaruh budaya Arab selama 13 abad tidak hilang dan orang Yahudi sekarang masih banyak yang berbahasa Arab juga.

Dalam Al-Quran yang diterjemahkan ke bahasa Ibrani, nama ‘Allah’ diterjemahkan ‘Elohim’ (Al-Qur’an Tirgem Avrit). Sebaliknya Tanakh Ibrani, dalam Alkitab bahasa Arab, ‘El/ Elohim/Eloah Tanakh dan Theos diterjemahkan ‘Allah’ (saat ini ada 4 versi Alkitab berbahasa Arab dan semuanya menyebut ‘nama Allah’). Memang dikalangan tertentu di Malaysia ada yang menggugat penggunaan nama Allah dikalangan Kristen, pada bulan Februari 2009 pengadilan Malaysia menolak gugatan itu dengan pertimbangan ‘Nama Allah sudah digunakan oleh orang Kristen sebelum ada Islam.’

Sikap penolakan terhadap nama ‘Allah’ timbul karena ketidak tahuan dan provokasi kalangan Barat (a.l. buku Robert Morey ‘Islamic Invasion’) dan Yahudi (yang trauma terhadap 13 abad penjajahan Arab-Islam) yang cenderung menggeneralisasikan anti-Arab dan anti-Islam. Mereka mengabaikan bahwa sejak lama sudah ada orang Arab beragama Yahudi dan sesudah hari Pentakosta sudah banyak orang Arab beragama Kristen, bahkan masakini orang-orang berbahasa Arab yang menganut agama Kristen tercatat 29 juta banyaknya, dan semuanya menyebut ‘nama Allah.’

Morey menyebut ‘Allah’ adalah nama dewa bulan Babilonia seperti terlihat dalam lambang diatas mesjid dan bendera negara Islam, kenyataan sebenarnya lambang bulan sabit baru muncul di Turki pada abad XV sebagai peringatan kemenangan dalam perang Byzantium karena kemunculan bulan sabit secara tiba-tiba. Muhammad sendiri mengemukakan bahwa: “Wahai bulan sabit yang indah dan bulan sabit petunjuk, keyakinanku teguh kepada Dia yang menciptakanmu” (Ensiklopedia Islam, hlm. 64), Al-Quran juga menyebut: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan, niscaya mereka menjawab: Allah” (QS. 29:61).

Bila dalam Tanakh tercatat nama Elah/Alaha dikitab Ezra (4:8 – 6:18; 7:12 – 26) dan Daniel (2:4 – 7:28) yang ditulis dalam bahasa Aram. Dalam Perjanjian Baru, Yesus tidak pernah menyebut nama YHWH tetapi di kayu salib Ia memanggil dalam bahasa Aram nama ‘El’ (Mat. 27:46; Mrk. 15:34) yang merupakan kependekan Elah/Alaha Aram. Saat ini orang Yahudi, Kristen dan Arab kalau berbahasa Arab menyebut ‘nama Allah,’ dan di Kairo, ada gereja ‘Al-Mu’alaqqah’ yang dipintunya ditulis ‘Allah Mahabah’ (Allah itu kasih), dan dipintu lainnya ‘Ra’isu al-Hikmata Makhaafatu Ilah’ (Permulaan Hikmat Adalah Takut kepada Allah), dan dari situ ada sinagoga ‘Ben Ezra’ dimana disebut bahwa dahulu di situ Rabbi ‘Moshe Ben Ma’imun’ menulis buku ‘Al-Mishnah’ dan ‘Dalilat el-Hairin’ dalam bahasa Ibrani dan Arab dimana ‘El/Elohim diterjemahkan Allah’.

Al-Quran dan Alkitab berbicara mengenai ‘Allah’ yang sama sebagai tujuan penyembahan dalam agama Yahudi, Kristen maupun Islam berbahasa Arab, Allah yang disembah oleh Abraham yang diceritakan dalam Tanakh dan PB atau Ibrahim dalam Al Quran. Allah (dalam bahasa Arab) sebagai sesembahan ketiga pengikut agama Semitik (Yahudi, Kristen, Islam) dapat menjadi titik pijak bersama yang baik untuk melakukan dialog dan percakapan misi dengan penganut agama Islam. Sekalipun sama sebagai nama ‘El Abraham’ (Allah Ibrahim), Nama yang sama disembah itu tidak mengandung pengajaran/aqidah (teologi) yang sama tergantung pengajaran dalam kitab suci masing-masing. Dalam pengajaran, El/Elohim/Eloah Tanakh (Yang tidak menerima Yesus) ada samanya dan tidak samanya dengan Theos PB (Yang percaya Yesus itu Tuhan), demikian juga keduanya ada sama dan tidak samanya dengan Allah Al-Quran (Yang menerima Muhammad sebagai nabi terakhir). Yang harus dibandingkan bukan ‘God’ Kristen dan ‘Allah’ Islam, tetapi ‘Allah Kristen Arab’ dibanding ‘Allah Islam Arab.’

Umat Kristen perlu dengan kasih, kesabaran dan mendoakan mereka yang dipengaruhi oleh ketidak-tahuan mereka dan dipengaruhi orang lain, sebab ‘menolak nama Allah’ secara tidak langsung sama halnya dengan ‘menolak YHWH’ yang salah satu namanya ‘El’ dalam dialek Arab ‘Allah’ yang sudah menjadi kosa-kata bahasa Indonesia ditolak/dilecehkan sebagai nama berhala.

=====

Jangan lupa, baca: Tanggapan (pertama) atas tulisan di atas

juga Tanggapan kedua (18-Agustus-09)

24 Comment(s)

  1. wah…payah nih… Sebenernya yg dipengaruhi ketidak-tahuan tuh siapa ya? bapak herlianto nih mengada ngada saja,terlalu dihiperbola..hehehe…

    jack | Jul 23, 2009 | Reply

  2. Aduh,…. gw jadi geli juga,..

    Pdt2 (pro Allah) sekarang yang punya gelar sepanjang rel KA, apa masih valid ya ?

    Cerita punya cerita,…

    Kemarin seminar Nama Tuhan ( dari Pdt yang Pro Allah )di GITS, Pdt itu memberikan satu statment bahwa Nama YHWH hanya simbolik dari PL sedang PB hanya ada Nama Yesus.Tidak lagi di sebut2.

    Saya tanya ama Dia, kalo gitu, ketika Yesus bilang, Bhw Aku telah memberitahukan Nama - Mu ( BAPA ) kepada semua orang, itu Nama Siapa ?

    Dgn enteng Dia menjawab, “Yesus”….

    Aneh bin Ajaib Emang …. kwkwkkwkw

    Andreas | Jul 24, 2009 | Reply

  3. @Andreas,
    ikut tertawa ah.. hahahaha….

    minta pendeta itu baca Kitab Wahyu 1:4 (dan ayat 5-nya, biar tahu bedanya), juga Kitab Wahyu 14:1 (minta beliau baca juga dari King James Version), dan ingatkan pada pendeta itu bahwa Kitab Wahyu itu ada di Perjanjian Baru.

    Tapi nggak masalah, sekarang makin banyak yang terima nama YHWH ini, banyak kesaksian sy dengar…

    GKmin | Jul 24, 2009 | Reply

  4. Ikut tertawa juga buat orang2 di atas….hahahaha…

    Rudy | Aug 7, 2009 | Reply

  5. Atas berkat rahmat “Allah Yang Maha Kuasa” dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

    Pembukaan UUD 45 telah mencantumkan nama “Allah” bukan YHWH. Allah telah diakui sebagai sesembahan bangsa Indonesia. Jadi jangan ragu-ragu menyembah Allah SWT.

    Imam | Aug 11, 2009 | Reply

  6. Iman,
    saya pernah ikut seminar, dan pembicara seminar itu menyampaikan bahwa pada waktu penyusunan Pembukaan UUD ‘45 tersebut, atas usulan orang Bali kepada Ir. Soekarno, kata ‘Allah’ itu diganti Tuhan, dan Ir. Soekarno langsung menyetujui, namun entah mengapa, waktu dicetak, masih tetap ‘Allah’ yang muncul.
    Ingat, orang Hindu, orang Buddha di Indonesia tidak menggunakan kata ‘Allah’ untuk menyebut Tuhan mereka.

    Oh ya, YHWH sudah ada sejak dahulu kala, JAUH sebelum bangsa Indonesia ada, apakah YHWH sekarang sudah diganti Allah?

    Tamu | Aug 11, 2009 | Reply

  7. Nah, nama ALLAH itu bisa muncul waktu dicetak karena adanya berkat ALLAH juga. Sekali lagi ALLAH adalah sesembahan bangsa Indonesia. Kalau ada yang mau nama lainpun tidak apa-apa. Sebab ALLAH sendiri punya Asmaul Husna.

    imam | Aug 14, 2009 | Reply

  8. Jadi, apa kata Muslim Cina dan Muslim Jepang tentang kata “ALLAH”??? Bagaimana cara penulisan kata’Allah’ dalam bahasa Cina dan Jepang??? Bagaimana Muslim di sana membacanya???

    Yabez | Sep 7, 2009 | Reply

  9. ach,masalah nama yang disembah kok baru sekarang diperdebatkan,aneh to? Sok benar sendiri.Jk mau jelas ya tunggu dihari kiamat. Nanti ada pengadilan yang adil.Menghujat,memfitnah, menjajah bangsa indonesia 350th,membunuh rakayat sipil, bukan krn ajaran agamanya tapi krn menusnya!oh ya nabiku Kongcu!

    deva | Sep 9, 2009 | Reply

  10. @deva,
    Menurut Anda, apakah nama dapat diterjemahkan?

    nama “Kongcu” (nabimu itu) itu kalau dalam bahasa Indonesia menjadi apa? tetap Kongcu atau ganti menjadi nama lain?

    GKmin | Sep 9, 2009 | Reply

  11. problem ini terjadi, dikarenakan ada proses ALIH BAHASA dari kitab suci itu sendiri, baik dialek/logat, tata bahasa dan kosakata bahasa itu sendiri. apalagi sudah menyangkut alih bahasa antar negara, bahasa cina, jepang dan lain2. setelah ada proses alih bahasa, “MUNGKIN” benar pada saat ini saudara penulis menuliskan istilah tuhan dan panggilannya, apakah ada kemungkinan pembenaran lagi diwaktu mendatang oleh penulis2 lain dengan referensi, dalil2 yang lebih tajam, padahala intinya, ADA PERUBAHAN ALIH BAHASA.

    Yudha | Sep 21, 2009 | Reply

  12. @Yudha,
    benar bahwa ‘persoalan’ ini mencuat karena (kesadaran) adanya alih bahasa, pertanyaannya adalah apakah NAMA itu dapat (wajar) dialihbahasakan?
    menurut ‘kami’ perubahan LOGAT (dan kemudian berimplikasi pada tulisan/huruf) sangat mungkin, tetapi menterjemahkan NAMA atau mengganti dengan NAMA LAIN, apakah wajar?

    konkritnya, jika YHWH kemudian ditulis YAHWEH, YEHOVA, YEHUWA, itu mungkin karena logat, tetapi jika YHWH diganti menjadi TUHAN atau ALLAH, apakah sudah tepat?

    GKmin | Sep 21, 2009 | Reply

  13. @Gkmin
    Thanks pak atas response nya
    1. apakah nama wajar di alihbahasakan ?:
    proses alih bahasa tidak mengenal apakah boleh dirubah nama, sifat dan zat yang terkandung dalam kitab/buku, selama itu ada proses alih bahasa, maka memungkinkan untuk berubah. apalagi proses alih bahasa ini sudah antar negara,suku, daerah. apalagi yang melakukan perubahan adalah manusia. untuk kewajarannya sendiri bisa tergantung kondisi manusia tersebut. setelah ada proses alih bahasa, mungkin kita bisa meng-claim wajar atau tidak wajar nama harus dirubah pada saat ini, apakah dilain waktu nanti ada yang meng-claim lagi soal kewajaran ? (dengan asumsi ayat/dalil yang lebih tajam)
    2. Maaf, Quote: tetapi jika YHWH diganti menjadi TUHAN atau ALLAH, apakah sudah tepat?
    selama ada proses alih bahasa, sangat memungkinkan untuk dibilang tepat dan tidak tepat. kecuali kita sudah ada koridor dari awal, bahwa: “ketika kita meng-alih bahasakan kitab/buku ini, jangan merubah kata2 seperti yang saya cantumkan”, itu misalkan. tapi apakah itu ada?

    jadi, menurut saya, selama itu ada proses alih bahasa, dan proses ini sudah antar negara, daerah, suku, bisa sangat memungkinkan dan “tepat” bagi orang yang melakukan alih bahasa tersebut. kecuali, kitab/buku tersebut hanya ditulis dalam satu bahasa dengan context, alur dan tata bahasa yang sesuai dengan penulis dan sumber nya.

    (Maaf kalau ada salah kata..)

    Terima Kasih

    Yudha

    Yudha | Sep 22, 2009 | Reply

  14. Punten….

    Weleh..weleh…maslah bahasa dipermaslahkan?
    Sebutan apapun yang keluar dari MULUT.. tidak MEWAKILI “MAKSUD HATI” Suara cuma bentuk “FREKWENSI” Gelombang. bagaimana kalo Orang yang cacat”maaf” GAGU Sebutan apa yang mereka harus Ucapkan? apakan salah jika mereka memanggil. UUUU….AAA.? pada nama yang dimaksud Munkin Nama YHWH sudah dilihat.. ga masalah jika tidak ada yang menyebutnya. memang Sebutan namaNYA TIDAK untuk disebutkan dgn sembarangan “diMulikanlah NamaMU…… maaf “SANG PENCIPTA” mengerti apapun bahasa manusia yang diucapkan “PENCIPTA” “TRANBAHASA Multilingual” lalu apakah Mahluk hidup lain seperti hewan tidak memanggil namaNYA…? apakah hewan dan segala yang bernapas tidak mengagungkan namaNYA…? Hewan pakai bahasa apa…ya? Wahai sahabat bijaksanalah semua…
    SEBAB yang bekata-kata kpd PENCIPTA hanya”ROH”
    “DIA MAHA TAHU SEGALA” WALAU SAYA BERDOA dalam berbahasa Indonesia dan memanggilnya YHWH.
    mohon maaf jika saya salah.
    Hamba yang bodoh.

    shendra | Oct 28, 2009 | Reply

  15. Boleh nimbrung ya. Menanggapi Gambar Kaos nih mas. jika saya ditanya siapa tuhanmu Allah atau YHWH ? jawaban saya ‘Allah’, kemudian saya dihakimi penulis komentar di kaos bahwa Allah itu bukan YHWH, saya akan menjawab, saya menyembah tuhan nabi Ibrahim, nabi Ismail, nabi Ishhaq ,nabi Isa A.S dan semua nabi2 sebelumnya oleh tuhan melalui nabi terakhirnya Muhammad S.A.W, dan saya diperintahkan untuk mengenal nama tuhan itu Allah. Kemudian jika diperdebatkan bahwa nabi2 yg sebelumnya itu menyembah YHWH, jadi saya salah, jawaban saya ‘oh kalau begitu mari kita tanyakan kepada nabi Ibrahim’.Kapan ? nanti setalah kita bertemu dengannya.. di hari pengadilan, wahai baginda nabi ibrahim, ayah dari para nabi benarkah tuhan yang saya sembah sama dengan tuhan anda? tuhan yang maha esa yang saya menyebutnya Allah dan teman saya ini menyebutnya YHWH ?. sementara sebelum ketemu beliau ini ya jalankan keyakinan masing-masing saja yaa..

    LittleMuslim | Nov 4, 2009 | Reply

  16. @LittleMuslim;
    hm.. gitu ya..
    masalahnya Kitab TAURAT (Torah) dan Kitab Nabi-nabi yang sudah ada JAUH SEBELUM Quran, mengajarkan bahwa Tuhan yg disembah Abraham, Iskhak dan Yakub itu bernama YHWH (orang Yahudi sekarang menyebutnya “Adonai” (Tuhanku).
    Nah.. saya tidak tahu mengapa (Nabi) Mohammad mengajarkan (via Quran) bahwa Tuhan itu Allah.
    Kapan YHWH berubah jadi Allah (padahal sampai sekarang-pun Israel(Yahudi) masih menyembah YHWH. Atau memang Allah itu bukan YHWH?

    Jadi.., ya silakan kalau Anda memilih Allah (karena ngikut Quran), tetapi karena saya percaya pada Taurat, Zabur dan Injil yg mengajarkan YHWH (bukan Allah).

    GKmin | Nov 4, 2009 | Reply

  17. @little_muslim, anda baca http://old.nabble.com/Tuhan-Berkelamin-to26071469.html#a26071469 deh..

    spiritual_indonesia | Nov 5, 2009 | Reply

  18. Saya merasa kita keliru jika meng-anti-kan istilah Allah.

    Allah (Arab: Allaah) adalah kata dalam bahasa arab yang merujuk pada nama Tuhan orang Islam. Perkataan tuhan dalam bahasa arab adalah Illah sebagaiman dalam dua kalimat sahadah Islam. Kata Alloh ini lebih banyak dikenal sebagai sebutan tuhan oleh penganut agama Islam.
    Kata ini sendiri dikalangan para penutur bahasa arab, adalah kata yang umum untuk menyebut tuhan[”Tuhan” dalam bahasa Arab adalah Ilah], terlepas dari agama mereka, termasuk penganut Yahudi dan Kristen Arab. Konsekuensinya, kata ini digunakan dalam terjemahan kitab suci agama Kristen dan Yahudi yang berbahasa arab, sebagaimana pula terjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia dan Turki.

    Keluaran 23:13 (Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu.

    Yosua 23:7 (dan supaya kamu jangan bergaul dengan bangsa-bangsa yang masih tinggal di antaramu itu, serta mengakui nama allah mereka dan bersumpah demi nama itu, dan beribadah atau sujud menyembah kepada mereka)

    shem acher elohiym = nama (identitas pribadi yang berimplikasi pada penghormatan, otoritas, dan karakter) allah/tuhan/ dewa/ilah asing /lain

    Kedua ayat itu tidak meng-anti-kan istilah dewa/illah/allah, namun meng-anti-kan nama identitas diri dari dewa/illah/allah asing tersebut

    Contoh :
    Imamat 18:21 (Janganlah kauserahkan seorang dari anak-anakmu untuk dipersembahkan kepada Molokh, supaya jangan engkau melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN)
    I Raja Raja 18:24 (Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu (Baal)dan akupun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!” Seluruh rakyat menyahut, katanya: “Baiklah demikian!)

    Walaupun orang Islam menganggap bahwa Allah adalah nama diri Tuhannya, namun sesungguhnya bukan, dijelaskan bahwa dikalangan penutur bahasa Arab, istilah ini merupakan kata baku/kata umum yang dipergunakan oleh bangsa Arab,untuk menyebut Tuhan. Bukankah ada artikel yang Anda sampaikan bahwa istilah Allah jauh lebih dulu keberadaannya sebelum munculnya agama Islam? Mengapa kita harus mengikuti kebodohan mereka yang menyetujui klaim istilah Allah adalah eksklusif bagi mereka?

    Dalam Kej 14, peristiwa pertemuan Abraham dengan Melkisedek, seorang imam El Elyon (Allah yang Maha Tinggi). Nama/gelar Melkisedek ini mengacu pada Allah yang ia sembah (yang bukan Elohiym ataupun YHWH). Melkisedek memberkati Abraham dalam nama El Elyon (Pencipta Langit dan Bumi) di mana ia menunjuk El Elyon sebagai Allha Yg Maha Tinggi (ay. 19-20). Raja Sodom memberikan harta bendanya kepada Abraham dan Abraham menolak sambil mengangkat tangannya kepada YHWH, El Elyon, Pencipta Langit dan Bumi (Kej 14:22). Abraham berkata dan bermaksud bahwa Ia juga menyembah Allah Yg Maha Tinggi, Allah yang sama (karena memang hanya ada satu Allah saja), tetapi ia mengenal-Nya dengan nama YHWH.
    Belajar dari kasus Abraham, kita keliru jika kita meng-anti-kan istilah Allah, bukankah istilah Allah saat ini kurang lebih sama permasalahannya seperti istilah El Elyon yang dipakai Melkisedek dan Raja Sodom?

    Abraham dinyatakan sebagai Bapak Orang Beriman karena imannya. Imannya bukan didasarkan pada pengenalannya pada nama YHWH namun pengenalannya dan ketaatannya pada pribadi Allah. Baca Kel 6:3 “Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak, dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN (YHWH) Aku belum menyatakan diri”.
    Manakah yang lebih penting? Mengenal Pribadi atau Nama?

    Santo | Apr 7, 2010 | Reply

  19. Aku sudah tinggalkan nama “Allah” untuk menyebut nama Khalik Langit dan Bumi sejak 2 tahun yang lalu dan beralih ke “Yahweh”
    Aku sendiri dulu muslim dan setelah berpuluh tahun dalam pergumulan, justru Yesus yang menjamahku dan pada akhirnya kudapatkan hikmat bahwa “Allah” itu tidak sama dengan “Yahweh”.
    Coba baca di blogroll website ini pada judul :
    “666, Islam dan Qur’an”
    bahwa : Allah = 666
    dan ini diakui sendiri oleh saudara kita muslim pada judul “666 hanya trik setan ?”
    Nah saudaraku umat nasrani anda tinggal pilih yang mana?

    Yons | Apr 8, 2010 | Reply

  20. Hikmat atau pengertian sendiri dari pengalaman pribadi, tidak bisa dijadikan dasar kebenaran yang sejati. Pengertian yang sesungguhnya adalah pengertian dan hikmat dari Kitab Suci/Firman Tuhan. Tidak masalah dengan kepercayaan Anda, selama menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi Anda. Salam Kasih.

    Santo | Apr 8, 2010 | Reply

  21. @Santo;
    ya, tapi keselamatan itu juga urusan masing-masing pribadi dengan Tuhan, sehingga, seringkali pengalaman pribadi menempati porsi terbesar dalam pembentukan iman. Bukan karena KATANYA…orang banyak.

    GKmin | Apr 8, 2010 | Reply

  22. Saudaraku, saya setuju bahwa keselamatan bahkan pengenalan Tuhan adalah wilayah pribadi antara diri kita sendiri dan Tuhan. Tetapi kita juga tidak lupa bahwa pengenalan kita perlu pendewasaan. Dan pendewasaan itu didapat dari pengajaran. Itulah sebabnya jemaat mula-mula bertekun dalam pengajaran para rasul dan juga bersekutu sesama saudara seiman lainnya. Bukan hanya berdasarkan “kata orang”, tetapi kita sendiri dituntut untuk dewasa dalam rohani dan pengetahuan agar tidak terombang-ambing oleh berbagai rupa pengajaran, bahkan pengajaran yang tidak sehat. Kita tidak harus sebagai bayi rohani terus namun harus beranjak dewasa dalam rohani dan pengetahuan. Makanya orang Kristen perlu mengali Firman Tuhan lebih dalam lagi. Apa yang katakan, bukanlah apa kata orang, namun dari penghayatan, penggalian, dan renungan terhadap Firman Tuhan. Salam Kasih. NB: Saudara GKmin, namanya Petrus yah? Kalau benar, salam kenal Pak Petrus.

    Santo | Apr 8, 2010 | Reply

  23. Kenapa kita repot2 berdebat tentang Allah dan YHWH..apapun sebutannya tidak mempengaruhi KetuhananNya..

    yanto nirbaya | Jul 28, 2010 | Reply

  24. * YHWH ttlis dl Ktb Suci(KS), jadi YHWH itu Elohimnya bgsa Yahudi dan org Kristen.
    * ALLAH ttlis dl Alqur’an, jadi ALLAH itu elohimnya bgsa Arab dan org Islam.
    * Awas, nama elohim lain jangan kausebut dan nm itu jangan kdengaran dr mulutmu.(Kel 23:13)
    Sbb sgl elohim bgsa2 itu berhala.(Mzm 96:5)
    * Jadi ALLAH itu berhala. Sblm Islam ALLAH punya istri, Allata, 2 anak prpn Almana&Aluzza.
    Stlh Islam istri & anak2nya dihabisin brsm brhla yg lain, yg sebanyak 360 brhl dl ka’bah baitulloh atau ka’bah rumah aulloh.
    * Skg ALLAH nempel sendirian di sudut tenggara ka’bah, yg dsbt jg hajar aswad atau batu hitam.
    * Jelas bukan, bahwa Allah itu adalah Berhala!

    Abigail | Jul 29, 2010 | Reply

Post a Comment

  • HIDUP penuh bakti ini

    ... bukan dijalani untuk menipu orang atau untuk mengajak orang mengikuti ajaran kita. Hidup penuh BAKTI ini dijalani agar bisa memandang ke dalam SEMUA hal, dan MEMAHAMInya. (Itivuttaka Sutta).

    GK Ministries on Facebook

    GK Ministries on Facebook

    Contact: email: gkmin.net@gmail.com

    hp/sms: 0812.281.0181

    Best viewed by M.Firefox !

    Mohon tidak terburu-buru berkomentar..,jika Anda setuju atau tidak setuju dengan tulisan di sini. Silakan baca dulu beberapa tulisan di website ini.

    Bacalah "@Pengumuman" dulu... dan ini bukan website Saksi Yehova/Saksi Yehuwa

  • ShoutBox

    720 spams blocked
    Last Message 3 days, 10 hours ago
    • Info : Please, resolve the addition below before post any new comment...
    • Guest_4903 : Salut buat GKministries. Teruslah berkarya demi Kemuliaan Bapa Yahweh dan Yeshua Hamasiah - Revival_Name ministry
    • Guest_4903 : gmn caranya dptkan Software-KS ILT utk komputer? tnx Bapa Yahweh memberkati
    • i love YHWH : YHWH adalah bahasa yang langsung diberikan YHWH utk dihormati, bukan utk diganti kemudian dipelesetkan dalam berbagai versi nama oleh semua orang tak terkecuali umat kristiani yg semua ke-imanannya bersumber dari Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru). hari raya natal adalah hasil imijinasi belaka yg tidak tertulis utk di “berlakukan” sebagai hari suci. banyak umat kristiani menjadikan Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru) sebagai bahan teori spekulatif agar “gereja” mereka
    • hilarious quotes : Please add my Blog's link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3350 : masih kekeuh menganggap Allah adalah sesembahan orang kristen juga..?? nih, literatur siapakah allah itu «link»
    • Tony : Can you please add my Blog's Link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3526 : saya justru beruntung menemukan alamat ini, dan langsung ga pakai besuk dari Allah ke YAHWEH. sro.
    • Guest_1320 : Nama-NYA YAHWEH «link»
    • hadi cahyo : sy tidak pernah mau peduli dgn perdebatan islam-kristen,ba gi sy pribadi & saran unt saudara seiman jgn pernah tepancing dan sakit hati..krn bisa mengeringkan tulang,apapun alsannya lakukan sj firman tuhan.percaya dan yakini saja,kita semua nanti akan tahu dgn sendirinya ketika akhir jaman..amien..
    • citta : video kesaksian YAHWEH tidak sama dengan ALLAH «link»
    • klik: : @Guest_544, coba ke «link»
    • Guest_544 : Dimana link yang membolehkan saya download Software Ks-ILT?
    • klik: : «link»
    • citta : "kalau ada yg tidak mau nama YAHWEH dipulihkan, tidak apa2, krn YHWH adl TUHAN yg demokratis,... tapi harus konsekuen, jangan lagi memuji dgn HALELLUYAH, tapi ganti dgn HALELLUAL"
    • klik: : «link»
    • GK : Saksikan Kick Andy di Metro TV 16 April '10
    • @Guest_1044 : ingat lagi? buka «link»
    • klik: : «link»
    • smart christian : are you..?? «link»
    • Guest_1044 : «link»
    • Guest_1044 : saya rasanya pernah baca tulisan di web ini, tentang Yesus tidak mati pada hari Jumat, tapi saya cari-cari koq sudah tidak ada? apa mungkin saya yg salah ingat ya? pak admin apa bisa bantu? thanks.
    • klik: : «link»
    • citta : klik link "YaHWeH the Almighty God and Yahshua",... banyak tulisan menarik di sana... ^_^ enjoy reading..!!
    • tamu : Agnostik_Setia : ya kamu baca saja Kitab Wahyu 14:1
    • Agnostik_Setia : Penting banget ya tau siapa nama tuhan itu? Takut ketuker sama yg laen ya?
    • Guest_4 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_4803 : @ Guest_544: jika Anda telah membaca tulisan2 dalam web ini, maka Anda akan tahu bahwa "nama" Allah bukanlah NAMA dari Tuhan yg menjadi Tuhan yg ada di Kitab Suci, karena namaNYA adl YHWH/Yahweh, dmkn jg dgn Yesus Kristus yg namaNya dlm bhs Ibrani adl Yeshua (YHWH Shua) Hamasiakh, nah, setelah Anda mengetahui sesuatu yg benar, apakah Anda akan tetap mempertahankan yg tidak benar..?? Utk KS-ILT, silakan saja langsung menghubungi admin di no hp di atas. YBU
    • Guest_544 : Persoalan yang membingungkan apakah sebutan Allah Bapa atau Yesus Kristus itu masih bisa atau disebaliknya. Saya advent tetapi masih mencari kepuasan yang sesungguhnya tentang kebanarn Firman Tuhan
    • Guest_4803 : @ Guest_544 : Anda bingung.?? tidak mengapa, kebingungan adl sebuah awal yg baik. apa yg membuat Anda bingung..? utk menjawab pertanyaan Anda, perlu mengetahui dimana titik kebingungan Anda, shg jawabannya pun tepat sesuai yg Anda butuhkan dgn cara yg Anda bisa pahami. YBU
    • Guest_544 : Semakinsaya membaca semaikin saya bingung.Apa nama Tuhan yang benar?
    • Guest_3440 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_1880 : Apakah Allah= Al+ilah ? bagus Bos, ini link nya «link»
    • Guest_3029 : Jesus said, “YHVH our God , YHVH is one” (Mark 12:29). The Hebrew word for YHVH or LORD in capital letters is YHWH or YHVH represented by the same Hebrew tetragram letters (vs. Lord meaning Master). Some Indonesian and Malaysian bibles use the words TUHAN for YHVH and Tuhan for Lord. Hebrew Alphabet Charts in the internet such as at «link» translate the tetragram YHVH as “Hand Revealed Nail Revealed”; i.e. Jesus. The Old Testament Malachi 3:17 proclaims
    • Guest_3029 : The Name of God In Bible And Quran
    • Guest_3355 : Dari Hari Sabat ke Hari Minggu Sebuah Ringkasan Disertasi dari Dr. Samuele Bacchiocchi, terjemahan sdr Adiat Sarman. «link»
    • Guest_1003 : ya memang perlu dan memang sangat berguna di masa depan, kebenaran akan terus meningkat
    • Guest_3483 : Konflik Pemakaian Kata 'Allah' 3 Gereja di Malaysia Dibakar «link»
    • GKmin : @jimmnet05; coba kontak langsung sj distributornya 021-42886275 - 42889058 (Abiyah Pratama)
    • jimmnet05 : Software KS-ILT untuk komputer dan untuk HP/PDA masing-masing harga Rp20.000. masih bisa saya pesan. makasih
    • GK : @natha, download sj dari internet... googling saja
    • natha : aku pengen punya lagu rohani bahasa ibrani bisa didapat dimana yach??
    • Guest_2478 : Lihat berita "Contoh" di Kupang hanya karena perbutan tempat ibadah "Mereka" berselisih saling tuntut saling Memaki inikah Murid2 YESUS..? atau KRISTEN. Padahal tempat ibadah ada dalam diri masing2. apakah mereka lupa..? Bagaimana jika nanti Gereja sdh tidak ada..? Apakah Gema YESUS KRISTUS yang penuh "KASIH" turut hilang..? wahai gembala kembalikan Domba-domba Yesus, karena yang punya akan segera datang...menanya kan domba milikNYA.
    • ratz : @raja Damai, ...... anda lucu... => peace! YHWH bless u
    • IsHeng : Tema : “TUHAN ITU BAIK KEPADA SEMUA ORANG” Sub Tema: “Diberkatilah Dia yang Datang dalam Nama YHWH untuk Pulihkan Segala Perkara”
    • cga : Guest_1870, Yesus datang memberitakan Kerajaan Bapa (Bapa YHWH, bukan Bapa Allah)
    • Guest_1870 : Yang pasti Yesus datang tidak untuk mendirikan suatu "Agama" Yesus mengajarkan "KASIH" untuk semua "Manusia" dan menganjurkan Menjadikan suku bangsa menjadi MURID-NYA ? Mohon jangan saling membenci jika ada perbedaan di mana KSAIH saudara-saudara semua..? Kemana KASIH yang diajarkan dalam PB oleh Yesus? pelajari-selidik i dengan seksama ..bersama dalam KELEMAH LEMBUTAN"
    • GKmin : @Raja Damai: baca Yoh 5:24 , Yesaya 48:12, Lukas 10:22. juga Matius 7:22-23
    • Raja Damai : Salam sejahtera dalam persekutuan didalam Tuhan Yesus Kristus. Terima kasih atas infonya. saya tidak berminat untuk dihubungi, karna saya jelas tahu apa maksud isi internet ini. jadi tolong carilah kebenaran. jangan hanya mengarah pada ibadah Taurat. semoga anda bisa bertobat.
    • Yahudi_1972 : "Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya". "Tantri" ini siapa? Mana tulisan Tantri yg kukomentari? Perasaan takada tuh!? Atau Tantri ini 'bunglon' bingung?
    • Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya, tapi berhubung saya ngak ngerti maksud tulisan Anda, akan sangat membantu jika Anda berikan juga terjemahan dalam bahasa Indonesia atau baha Inggris atas tulisan Anda
    • Guest_4138 : memangnya di Kitab Taurat ada ALLAH? mimpi kali...
    • Guest_4138 : @Guest_3380, hihihi.. Tuhannya nabi Ibrahim adalah YHWH? nggak percaya? bacalah kitab Taurat...
    • Guest_3380 : bingung cari tuhan, kayak nabi ibrahim akhirnya dia sadar tuhab yang baenar adalah yang menciptakan langit dan bumi.
    • Yahudi_1972 : Kol od balevav penimah Nefesh Yehudi homiyah. Ulfa'atey mizrach kadimah, ayin letzion tzofiyah. Od lo avdah tikvatenu, hatikvah bat shnot alpayim: Li'hyot am chofshi b'artzenu Eretz Tzion v'Yerushalayim.
    • GKmin : @Raja Damai, sekiranya anda bersedia memberikan nama, alamat,, email atau no.kontak yg jelas, mungkin kita bisa berbincang2 atau chating....
    • GKmin : @Raja Damai, Anda mengajak kembali ke Tuhan yg mana? Tuhan Allah atau Tuhan YHWH?
    • Guest_1820 : kembali ke tuhan mana? Allah atau yhwh?
    • Yahudi_1972 : Syukurlah kalau Tuhan yang menghukum pasti Dia tidak akan menyiksa
    • Raja Damai : hati hati, saat ini kuasa iblis sedang menyesatkan banyak orang... berhati hatilah, sebab antikris memakai orang yang membuat website ini untuk menyesatkan banyak orang... berhati hatilah....
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang
    • Raja Damai : Bertobat yang membuat website ini....
    • Raja Damai : mari kembali kepada Tuhan..
    • EFFORTA : dlm google search terjemahan,kata GOD masih diterjemahkan ALLAH.ko ga TUHAN ya? coba ini deh,«link» llvoices.com/con tributed-news/12 84780-glorify-go d
    • Jarman Nasry : (baca: Jehovah’s Witnesses) di Amerika tahun 1931, era 1940-an di Indonesia nama Saksi-Saksi Yehuwa pun menjadi nama resmi organisasi Siswa-Siswa Alkitab Internasional. Apakah era ’40-an adalah waktu yg ‘baru beberapa tahun’ saja? Sdr GKmin ini lahir tahun kapan? Jadi yg mana lebih mengetahui sejarah SSY Indonesia: sumber SSY sendiri atau ‘orang luar’ yg cerdik???
    • Jarman Nasry : Kapan “DULU” itu? Kapan SSY [di Indonesia] ‘memang menyebut dirinya Saksi Yehova’? Kapan “baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi ‘Yehuwa’"? Victory Rattu seorang SSY kawakan, kakek teman sekolah putri kami, bercerita kalau ayahnya Theodore Rattu asal Manado adalah SSY pertama di Indonesia. Menurut Vic, seiring dengan diterimanya Nama Baru
    • GKmin : @Jarman, bukankah DULU SSYehuwa memang menyebut dirinya Saksi Yehova, bukankah baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi "Yehuwa"
    • Jarman Nasry : ya sebutlah “Jehovah Witnesses” […] He he he…kok jadi SSY yg dibahas yaa!? Hm, sy sdh periksa KPR 1:8. Perintah menginjil langsung didengar murid2 dari mulut Yesus. Yang mana dari ayat itu yg Sdr anggap ditujukan langsung kpd Sdr sehingga Sdr ngaku-ngaku “saksi Kristus”???
    • Jarman Nasry : utk mengidentifikasi sekelompok orang yg diorganisasi utk menyembah Yehuwa di bumi Indonesia. Kalau ada yang memanggil mrk dgn istilah/sebutan lain selain SSY, seumpama “saksi Yehova,” maka sebutan seperti itu biasanya dimaksudkan utk mengejek atau menghina. Bibir yg membunyikan ejekan, hinaan dan kata2 merendahkan orang lain biasanya datang dari hati yg sakit dan dengki! Sekiranya ada yg beralasan “itu kan diambil dari bhs Inggeris?” Kalau dari bhs Inggeris,
    • Jarman Nasry : Menurut sy, kalau ada orang yang memakai nama/istilah/seb utan lain kepada seseorang sedangkan seseorang itu sudah memilihkan suatu nama/istilah/seb utan yg melalui itu orang diharap dapat menyapa dia sesuai yg dia inginkan, maka orang yang menggunakan nama/istilah/seb utan lain selain itu, entah dgn sengaja atau pun tidak, kuanggap telah melakukan pelecehan verbal yg merendahkan! Saksi Yehuwa sudah pilihkan nama/sebutan “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY)
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GKmin : @Jarman, sudahkah anda teliti tulisan sy? mana yg menunjukkan iri/dengki pd SSY? sy hanya tegaskan bhw sy bukan SSY. Di Salatiga, sy jg py teman SSY, sy jg pernah datang ke gerejanya, tapi sy BERBEDA dg mereka.
    • Jarman Nasry : sung kepada SSY.
    • Jarman Nasry : sering lihat dlm tulisan orang2 seperti GKmin. Saya heran kok Kristiani tapi masih ada dengki dan iri-hati kpd sesamanya sendiri [okelah ini hanya intermeso sj, kiranya kita lebih jujur utk menghargai orang dan namanya]. Hm aneh memang orang yg mengaku sebagai Saksi Yehuwa. Apa yg mrk “saksikan” ttg Yehuwa ya? Bukankah Yehuwa tidak bisa “dilihat” mata jasmani? Jadi bgm pula orang menjadi “Saksi-Nya”??? Mungkinkah SSY sendiri yang lebih tahu alasannya? Baiklah Sdr dan sy bertanya lang
    • Jarman Nasry : Sdr ingin tahu maksud sy dgn ‘Saksi Yehova’? Ah saya tak punya maksud apa2 dgn mrk, sebaiknya sdr tanya langsung sj ke mrk apa yg sdr ingin tahu dari mrk. Kalau sy omong ttg mrk mungkin omongan sy kurang obyektif, nanti dinilai macam2, dianggap memfitnah atau malah melebih-lebihkan pencapaian mrk, dsb. Tapi fakta yg saya tahu ttg mrk adalah bhw mrk sebut dirinya “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY). Sebutan ‘saksi Yehova’ diberikan oleh orang2 yang cenderung dengki dan iri-hati, seperti yg say
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GK : @Jarman, hm.. kalau pemahaman anda seperti itu, lantas apa yg anda maksud dg saksi Yehova?
    • Jarman Nasry : an mati atau sewaktu Ia bangkit dan naik ke sorga! Tidak. Anda bukan saksi Kristus Yesus. Sesungguhnya yang disebut ‘saksi Kristus Yesus’ hanya pria dan wanita Kristen yang telah “bersama-sama” dengan Dia sewaktu Ia di bumi Israel sekitar abad kesatu M. Di antara mereka ada para rasul-Nya dan murid2 mereka. Mereka cocok disebut Saksi-Saksi Yesus Kristus: saksi dari pelayanan, penderitaan, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga. JADI ANDA SAKSI APA???
    • Jarman Nasry : Anda adalah "saksi Kristus"??? He he he...anda adalah 'saksi' dari apanya Kristus? Saksi dari pelayanan-Nya? Saksi dari kematian-Nya? Saksi dari kebangkitan-Nya atau saksi dari kenaikan-Nya ke sorga??? Yang mana? Siapa bilang anda adalah ‘saksi Kristus’??? Anda yang ngaku-ngaku atau anda telah membaca “kata-kata itu” ada di Alkitab??? Kalau anda mengaku anda saksi Kristus maka anda telah berbohong karena anda tidak ada “di sana” sewaktu Yesus melayani atau sewaktu Ia menderita d
    • Guest_1097 : spam, hore.. bersenang-senang lah dengan sex bebas, karena untuk berlatih melayani 72 bidadari surga...
    • spam... : Hore... hore.... bersenang2lah dengan sex bebas karena tuhan akan mengampuni kita klo kita buat pegakuan dosa... apa ini bener ???
    • spam... : Bernyanyilah bagi Elohim, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah YAHWEH; beria-rialah di hadapan-Nya! ( Mazmur 68:5 )
    • kristenisasi : Tuh keinginan kalian... Keinginan tiap pemeluk kristen.. Siapa domba2 yang tersesat itu.. apakah kalian ato umat yang lain?????
    • D'MASIV : Nyanyi nyokkk... tuk Hura22
    • YESUS : Sekarang kalian Kebaktian... apa yang anda dapatkan.... Segala yang menyenangkan.., ato ketenangan batin... Ato hanya hura2.. nyanyi2 yang gak masuk akal
    • YESUS : Aku adalah Nabi Isa... Nabi kalian yang kalian anggap Tuhan
    • Guest_650 : Seharusnya para penganut kristen memahami.. bahwa apa yang menjadi pegangan selama ini merupakan sesuaatu yang salah sesuatu yang udah tercemar sengan tangan2 dosa. apa kita harus mengagung2kan ciptaan manusia.. TUHAN itu ada, dan Dia yag buat kitab suci bagi manusia.. bukan manusia yang buat kitab "bisa aja tidak suci"
    • Guest_650 : Islam adalah agama pembaruan dari semua agama...
    • GKmin : @Jarman, terserah anda menganggap apa...kami saksi Kristus yang percaya pada TUHAN YESUS, dan BAPA YHWH.
    • Jarman Nasry : Saya tidak menghakimi siapapun, Saudaraku yang terkasih. Saya hanya mengatakan apa yang benar yang dibisiki oleh kejujuran manusia batiniah saya bahwa Saudara2 ini adalah "Saksi-Saksi Yehuwa." Kalau Saudara2 ini TIDAK MAU akui diri sebagai 'Saksi-Saksi Yehuwa' jadi Saudaraku ini Saksi apa??? Pasti Saudaraku BUKAN Saksi Setan, bukan? He he he... jujurlah bahwa Saudara-saudara adalah Saksi-Saksi Yehuwa [TITIK]
    • GKMin : @Jarman, anda terlalu cepat menilai...pelaja ri dengan cermat bedanya Saksi Yehuwa dengan 'kami'. (jangan menghakimi sesamamu, itu perintah TUHAN YESUS...
    • Jarman Nasry : Saksi-Saksi Yehuwa sudah kembali? Bukan. Sebenarnya Saksi-Saksi Yehuwa terus kembali!
    • Jarman Nasry : Sepertinya iya. Belasan tahun lalu Saksi Yehuwa [Yehowis] memberitahu saya pentingnya mengenal nama itu. Satu-dua tahun ini ada lagi kelompok baru. Saya namakan 'kaum Yahwis' karena mereka bilang nama Tuhan itu "Yahwe". Saya tahu mereka yang belakangan ini pasti adalah "Saksi-Saksi Yehuwa" itu. Mereka sudah kembali!
    • Guest_1638 : @Jarman, apakan persoalan nama Tuhan ini, berkaitan dengan denominasi gereja?
    • Jarman Nasry : Kenapa baru sekarang segelintir orang mempersoalkan istilah "Allah dan YHWH"? Saya sebagai seorang awam merasa "perselisihan" ttg doktrin Kitab Suci di antara kita sesama Kristiani hanya akan menguras energi banyak yang kalau diarahkan kepada kemaslahatan umat tanpa memandang denominasi dan kelompok gereja justeru malah akan membawa kekuatan dan ketahanan iman bagi warga jemaat Kristus seraya menyiapkan umat menyongsong waktu kedatangan Tuan Yesus yang kedua
    • murid Jesus Christ : Sahabatku, tetaplah semangat !
    • Guest_2764 : @guest _1188,bukan dari tuhan lsg kali sobat..tapi lewat malaikat gibril.skrg yg perlu qt renungkan,apakah "gibril"itu bnr2 malaikat YHWH?ALLAH..atau malahan hnya syetan yg menyamar?
  • Kategori

  • Tulisan Terakhir

  • Tanggapan Terakhir

  • Arsip

  • Literatur

    tersedia beberapa VCD yang dapat menjadi literatur Anda, silakan klik menu/halaman Literatur
  • Bebas dari Setan?

    Jika anda ingin terbebas dari kuasa kegelapan (kuasa Setan), mungkin Tim dari Lembaga Pelayanan HOLISTIK di Salatiga, dapat membantu anda.

    atau, silakan baca dulu

    Orang Kristen tidak bisa kena santet/hipnotis

  • Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku (Mazmur 91:14)

    doa Bapa Kami:

    Bapa kami yang ada di surga, dikuduskanlah namaMu.... datanglah kerajaanMu.... dst.

    pernahkah anda bertanya:

    ..... siapa namaMU Bapa?.....

    .

    SUDAH terbit, BUKU: dapatkan di toko-toko buku umum...tanyakan ke petugas, sebab di beberapa toko buku rohani, buku ini disembunyikan...