Yesaya 52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Awal kebijaksanaan adalah memanggil sesuatu dengan namanya yg benar. (Pepatah Cina)

Tanggapan 2 atas tulisan Dr. Steven

Tulisan Prof. Kristian Sugiyarto tanggapan atas tulisan Dr. Steven: Perdebatan Istilah “Allah” Kesalahpahaman Linguistik dan Theologis ,

dapat dibaca dari sini

13 Comment(s)

  1. Abraham dinyatakan sebagai Bapak Orang Beriman karena imannya. Imannya bukan didasarkan pada pengenalannya pada nama YHWH namun pengenalannya dan ketaatannya pada pribadi Allah. Baca Kel 6:3 “Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak, dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN (YHWH) Aku belum menyatakan diri”.
    Manakah yang penting? Mengenal Pribadi atau Nama?

    Santo | Mar 31, 2010 | Reply

  2. @Santo
    ….Imannya bukan didasarkan pada pengenalannya pada nama YHWH namun pengenalannya dan ketaatannya pada pribadi Allah

    pribadi Allah?

    justru persoalannya di kata “Allah” itu, kalau anda menuliskannya demikian, itu membuat persoalan jadi kabur.

    kalau mau netral, anda akan menuliskannya “.. pribadi Elohim” atau “… pribadi Tuhan”, karena justru kata “Allah” itu persoalannya.

    GKmin | Mar 31, 2010 | Reply

  3. Saudara GKmin, dalam Kel 6:3, tidak dipakai elohym tapi el untuk Allah, tepatnya Allah yang Maha Kuasa (El shadday). Kalau mau jujur istilah El shadday mempunyai kaitan / afiliasi bengan bahasa Arab. Terlebih lagi El ataupun Elohym bukanlah kata khusus untuk menyebutkan nama pribadi Allah, kata ini dipakai juga kepada Illah bangsa kafir (Kel 12:12). Tepat, Allah memakai (kata “Allah) bukan kata yang yang diperuntukan khusus baginya. Itu suatu kata umum, artinya apa? Pengenalan Abraham bukan pada istilah nama namun pribadi Allah sendiri yang telah menampakkan diri padanya. Makanya sebelumnya saya menulis apa yg menjadi perbedaan Kekristenan (Ketika pernyataan umum Tuhan secara pasti tidak disangkal oleh manusia, apa yang menyebabkan orang Kristen berbeda dengan kepercayaan lainnya? Perbedaan itu terletak pada Mat 11:27 (Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya)). Bukannya sama halnya dalam kasus Abraham, bahwa Allah menampakkan diri padanya? Penelaahan saya adalah lebih penting mana sosok pribadi itu sendiri atau nama? Jelas bahwa pribadi itu sendiri. Demikian penjelasan saya.

    Santo | Mar 31, 2010 | Reply

  4. @Santo;
    benarkah El itu ‘cognate’ dengan Allah, bukannya Ilah (seperti anda tulis ata ini dipakai juga kepada Illah bangsa kafir

    Israel -> Israil (bukan Israal)
    Gabriel -> Jibril (bukan Ibral)
    Ismael -> Ismail (bukan Ismaal)

    so, bukankah lebih tepat El-Eloah-Elohim -> ilah, bukan Allah ?

    GKmin | Mar 31, 2010 | Reply

  5. Anda ingin mengatakan Allah atau Ilah, silahkan saja. Karena pandangan saya, Allah/Tuhan/TUHAN/YHWH, menggunakan istilah El atau Elohym yang dapat berarti dewa / ilah (istilah Tuhan/Allahnya orang kafir) menunjukkan bahwa pengenalan pribadi lebih penting daripada nama. Walaupun istilah yang dipakai sama tapi rujukan pribadinya berbeda, lihat Kel 12:12 (di sana jelas ada rujukan allah2/illah2/dewa2 orang Mesir). Rujukan pribadi berbeda berdasarkan pengenalan diri/pribadi. Terserah Anda apakah nyaman memakai kata ilah/dewa yang merujuk pada YHWH. Saya sudah mengatakan bahwa istilah El atau Elohym ada kaitan / afiliasi dengan bahasa Arab, wajar jika LAI memakai istilah Allah untuk menterjemahkan kata El ataupun Elohym. Di dalam Kisah Para Rasul 2:5-11, di sana dikatakan ada orang Arab, kira-kira ketika mereka mendengar para rasul berbahasa roh, kata Adonai/Theos, yang mereka dengar kata apa? Kalau ada orang Indonesia di saat itu, saya pikir orang indonesia akan mendengar kata Tuhan atau Allah.

    Santo | Mar 31, 2010 | Reply

  6. Satu lagi hal yang penting, telah Anda tuliskan, Israel -> Israil (bukan Israal)
    Gabriel -> Jibril (bukan Ibral)
    Ismael -> Ismail (bukan Ismaal)
    Menurut Anda jika penulisan salah dan pengucapan salah, tidak menutup kemungkinan referensi yang dituju menjadi salah, bukan? Jika kata YHWH, yang dalam kenyataan, tidak ada seorangpun yang dapat menjamin secara pasti lafalnya / pengucapannya dan perlu diketahui juga bahwa Jehovah, Yahweh, Yehuwah, ataupun lainnya adalah bentuk usaha penerjemahan yang ditambahkan dugaan pelafalannya, yang aslinya tulisan Ibrani yang dihuruf-latinkan, apakah Anda menjamin dapat kebenarannya???

    Santo | Mar 31, 2010 | Reply

  7. Saya menuliskan ini bukan berarti saya ingin menggoncangkan iman saudara atau menyalahkan usaha menterjemahkan atau menyebut nama Tuhan, yang saya pandang baik adanya. Tetapi yang saya ingin ungkapkan adalah iman saudara seharusnya diletakkan pada pribadi Allah, lebih tinggi di atas nama atau bahasa manusia yang tidak sempurna. Walau demikian saya tidak menyukai ada sekelompok golongan atau ajaran yang menggunakan istilah YHWH untuk tujuan terselubung/tersembunyi/tidak jujur/subyektif yang mengusahakan untuk membenarkan ajaran golongannya sendiri saja. Jika Anda ingin menterjemahkan YHWH (dalam tulisan yang bisa dibaca Yehovah, Yahweh, Yehuwah, dll) tempatkan sesuai pada nats teks aslinya sehingga tidak menutupi kebenaran Allah berikan kepada kita.
    Salam Kasih!

    Santo | Mar 31, 2010 | Reply

  8. Semakin di baca kok semakin keliatan kalo gerakan anti Allah ini mencoba menjadi Polisi linguistik ya…menurut gw persoalannya ada di gerakan anti Allah ini…

    jazz | Jun 3, 2010 | Reply

  9. Setiap kristian tersudut, alasannya, itulah kesulitannya, itulah konsekuensinya, halah…profesor kok bego, kalo nyari alasan yang akademik napa…dari tulisannya kayak orang sok tau gitu..

    jazz | Jun 3, 2010 | Reply

  10. hahahaha…gw baca sampe 3/4 artikel, bener2 dah bego tuh profesor kristian, bener gw ketawa ngakak….yang dibicarakan teks asli alkitab, dia bicaranya terjemahan…hahaha….gini nih kalo bicara dng ilmu yang di karbit, kagak nyambuuuung…Gw suka jawaban Dr. Steven ini :

    “Ini sungguh menggelikan. Saya tidak bicara mengenai terjemahan. Saya bisa
    temukan segala macam terjemahan yang sesuai dengan kemauan saya, bahkan saya bisa
    buat terjemahan sendiri kalau terjemahan yang ada belum cocok. Kita sedang bicara
    mengenai teks bahasa asli! Wah, ternyata mungkin dari awal kita ngga nyambung.”

    Saya usul ke Dr. Steven, lbh baik jangan di tanggapin lagi, percuma sdr menulis panjang2, tapi dia kagak ngerti….ilmunya di karbit..hehehe..asli gw ngakak bacanya…ketwa lagi ah wakakakaka….

    jazz | Jun 3, 2010 | Reply

  11. *jazz
    jika tidak berbicara tentang terjemahan, apakah Alkitab berbahasa asli ada ALLAH-nya?

    jika saudara sekarang pakai “ALLAH”, bukankah itu TERJEMAHAN?

    jadi bagaiman membahas “Allah” tanpa membahas TERJEMAHAN, sebab jika kita konsekuen tidak membahas terjemahan, jelas kita tidak akan temukan kata “ALLAH” di dalam Alkitab asli.

    saya cukup tersenyum melihat komentar saudara.

    Natalia | Jun 3, 2010 | Reply

  12. @Natalia

    Terima kasih atas respon anda. Apa anda sudah membaca diskusi Dr. Steven dan Prof.Kristian diatas? Tapi dari komentar anda, saya tahu anda belum membacanya secara lengkap. Bacalah sampai habis nanti anda tahu maksud saya. Tidaklah perlu otak jenius untuk mengetahui isi diskusi mereka. Saya menyebut argumen Kristian adalah argumen munafik, anda tidak percaya? Silahkan baca lagi diskusi mereka

    Terima kasih atas senyum anda, dan saya tahu senyum anda tidak tulus, dan saya membuangnya jauh2 ke lautan yang paling dalam karena tidaklah berarti buat saya….

    Saya jadi ingat syair lagu dangdut “kau yang memulai kau yang mengakhiri, kau yang berjanji kau yang mengingkari”…hehehe

    jazz | Jun 4, 2010 | Reply

  13. Ungkapan Latin Cur Deus Homo, berasal dari karya bapa gereja barat St. Anselmus (ditulis tahun 1090), yang berarti :”Mengapa Deus menjadi manusia?” Istilah Deus (sejajar dengan bahas-bahasa Barat : Theos, Dieu, God) adalah kata benda umum yang sejajar dengan kata Arab: Ilah (sembahan). Biasanya umat kristiani Indonesia langsung menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia allah. Padahal istilah tersebut dalam bahasa Arab bermakna sangat khusus sehingga tidak bisa dipakai dalam bentuk jamak seperti kata Inggris: God, god atau gods. dalam ketiga makna itulah kata Ibrani ELOHIM diterjemahkan.

    Berbeda dengan istilah ELOHIM, Al pada istilah Allah adalah ‘definite article’ yang disambung dengan kata benda umum Ilah. Jadi, al-ilah (Ibrani : ha ELOHIM , Inggris : the God), atau “Ilah itu”. Ilah yang benar, satu-satunya Ilah. Oleh karena itu, pemakaian kata Allah dengan huruf kecil (allah) dengan makna umum, seperti ditunjukkan oelh terjemahan baru Lembaga Alkitab Indonesia (1974), salah menurut kaidah bahasa Arab dan teologi Islam.

    Demikian juga , penempatan kata ganti milik :ku, mu, kami, mereka dibelakang kata Allah juga tidak bisa dibenarkan sama sekali menurut kaidah bahasa Arab dan teologi Islam. Sebab dalam bahasa Arab, kita mengenal kalimat Ilahi, Ilahuna, Ilahukum (Ilahku, Ilahmu, Ilah kami, Ilah kamu sekalian). Jadi , kata Allahku, Allah kami dan allah mereka semestinya tidak boleh dipakai, jika menuruti kaidah bahasa Arab dan teologi Islam. Karena tidak digubrisnya kata-kata Indonesia bentukan dari bahasa Arab oleh para penerjemah Alkitab bahasa Indonesia, bahkan pemakaian kata Allah digunakan sebagai salinan langsung dari istilah :Theos, Deus, Dieu dan God yang berlatar belakang pagan tersebut.

    Kata Theos, Deus, Dieu sendiri sebenarnya dapat dilacak dari akar kata yang sama dengan kata Sansekerta :Dewa. Sedangkan untuk ungkapan :God became man, mungkin tak terlalu mengagetkan orang Barat, mengingat pemakaian kata God sangat umum. Selain dalam makna God (Allah), god (Ilah), gods (ilah-ilah), godess (dewi-dewi) maupun god-father (bapa asuh) dan god-mother (ibu asuh).

    Kekhususan kata Allah dalam bahasa Arab (khususnya dalam theologi Islam) kira-kira sebanding dengan kata Yahwe dalam masyarakat Yahudi, yang mengeja namaNya saja dilarang. Begitu hormatnya orang Yahudi pada nama itu sehingga setiap menjumpainya dalam Taurat, mereka biasa menggantinya dengan ha-Shem (Sang Nama) atau Adonay (Tuhanku). Karena penekanan kuat pada transendensi-Nya, ungkapan kasar “Allah menjadi manusia”, kira-kira sama tidak pantasnya dengan orang Yahudi yang berkata : “Yahwe menjadi manusia”.

    Jadi jelas bahwa kata “allah/Allah” yang dipakai oleh LAI sebagai terjemahan Elohim, tidaklah sama dengan “Al-Illah” atau “Auwloh” atau “Allah” orang Islam.

    Salam

    Santo | Jun 4, 2010 | Reply

Post a Comment

  • HIDUP penuh bakti ini

    ... bukan dijalani untuk menipu orang atau untuk mengajak orang mengikuti ajaran kita. Hidup penuh BAKTI ini dijalani agar bisa memandang ke dalam SEMUA hal, dan MEMAHAMInya. (Itivuttaka Sutta).

    GK Ministries on Facebook

    GK Ministries on Facebook

    Contact: email: gkmin.net@gmail.com

    hp/sms: 0812.281.0181

    Best viewed by M.Firefox !

    Mohon tidak terburu-buru berkomentar..,jika Anda setuju atau tidak setuju dengan tulisan di sini. Silakan baca dulu beberapa tulisan di website ini.

    Bacalah "@Pengumuman" dulu... dan ini bukan website Saksi Yehova/Saksi Yehuwa

  • ShoutBox

    720 spams blocked
    Last Message 6 days, 17 hours ago
    • Info : Please, resolve the addition below before post any new comment...
    • Guest_4903 : Salut buat GKministries. Teruslah berkarya demi Kemuliaan Bapa Yahweh dan Yeshua Hamasiah - Revival_Name ministry
    • Guest_4903 : gmn caranya dptkan Software-KS ILT utk komputer? tnx Bapa Yahweh memberkati
    • i love YHWH : YHWH adalah bahasa yang langsung diberikan YHWH utk dihormati, bukan utk diganti kemudian dipelesetkan dalam berbagai versi nama oleh semua orang tak terkecuali umat kristiani yg semua ke-imanannya bersumber dari Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru). hari raya natal adalah hasil imijinasi belaka yg tidak tertulis utk di “berlakukan” sebagai hari suci. banyak umat kristiani menjadikan Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru) sebagai bahan teori spekulatif agar “gereja” mereka
    • hilarious quotes : Please add my Blog's link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3350 : masih kekeuh menganggap Allah adalah sesembahan orang kristen juga..?? nih, literatur siapakah allah itu «link»
    • Tony : Can you please add my Blog's Link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3526 : saya justru beruntung menemukan alamat ini, dan langsung ga pakai besuk dari Allah ke YAHWEH. sro.
    • Guest_1320 : Nama-NYA YAHWEH «link»
    • hadi cahyo : sy tidak pernah mau peduli dgn perdebatan islam-kristen,ba gi sy pribadi & saran unt saudara seiman jgn pernah tepancing dan sakit hati..krn bisa mengeringkan tulang,apapun alsannya lakukan sj firman tuhan.percaya dan yakini saja,kita semua nanti akan tahu dgn sendirinya ketika akhir jaman..amien..
    • citta : video kesaksian YAHWEH tidak sama dengan ALLAH «link»
    • klik: : @Guest_544, coba ke «link»
    • Guest_544 : Dimana link yang membolehkan saya download Software Ks-ILT?
    • klik: : «link»
    • citta : "kalau ada yg tidak mau nama YAHWEH dipulihkan, tidak apa2, krn YHWH adl TUHAN yg demokratis,... tapi harus konsekuen, jangan lagi memuji dgn HALELLUYAH, tapi ganti dgn HALELLUAL"
    • klik: : «link»
    • GK : Saksikan Kick Andy di Metro TV 16 April '10
    • @Guest_1044 : ingat lagi? buka «link»
    • klik: : «link»
    • smart christian : are you..?? «link»
    • Guest_1044 : «link»
    • Guest_1044 : saya rasanya pernah baca tulisan di web ini, tentang Yesus tidak mati pada hari Jumat, tapi saya cari-cari koq sudah tidak ada? apa mungkin saya yg salah ingat ya? pak admin apa bisa bantu? thanks.
    • klik: : «link»
    • citta : klik link "YaHWeH the Almighty God and Yahshua",... banyak tulisan menarik di sana... ^_^ enjoy reading..!!
    • tamu : Agnostik_Setia : ya kamu baca saja Kitab Wahyu 14:1
    • Agnostik_Setia : Penting banget ya tau siapa nama tuhan itu? Takut ketuker sama yg laen ya?
    • Guest_4 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_4803 : @ Guest_544: jika Anda telah membaca tulisan2 dalam web ini, maka Anda akan tahu bahwa "nama" Allah bukanlah NAMA dari Tuhan yg menjadi Tuhan yg ada di Kitab Suci, karena namaNYA adl YHWH/Yahweh, dmkn jg dgn Yesus Kristus yg namaNya dlm bhs Ibrani adl Yeshua (YHWH Shua) Hamasiakh, nah, setelah Anda mengetahui sesuatu yg benar, apakah Anda akan tetap mempertahankan yg tidak benar..?? Utk KS-ILT, silakan saja langsung menghubungi admin di no hp di atas. YBU
    • Guest_544 : Persoalan yang membingungkan apakah sebutan Allah Bapa atau Yesus Kristus itu masih bisa atau disebaliknya. Saya advent tetapi masih mencari kepuasan yang sesungguhnya tentang kebanarn Firman Tuhan
    • Guest_4803 : @ Guest_544 : Anda bingung.?? tidak mengapa, kebingungan adl sebuah awal yg baik. apa yg membuat Anda bingung..? utk menjawab pertanyaan Anda, perlu mengetahui dimana titik kebingungan Anda, shg jawabannya pun tepat sesuai yg Anda butuhkan dgn cara yg Anda bisa pahami. YBU
    • Guest_544 : Semakinsaya membaca semaikin saya bingung.Apa nama Tuhan yang benar?
    • Guest_3440 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_1880 : Apakah Allah= Al+ilah ? bagus Bos, ini link nya «link»
    • Guest_3029 : Jesus said, “YHVH our God , YHVH is one” (Mark 12:29). The Hebrew word for YHVH or LORD in capital letters is YHWH or YHVH represented by the same Hebrew tetragram letters (vs. Lord meaning Master). Some Indonesian and Malaysian bibles use the words TUHAN for YHVH and Tuhan for Lord. Hebrew Alphabet Charts in the internet such as at «link» translate the tetragram YHVH as “Hand Revealed Nail Revealed”; i.e. Jesus. The Old Testament Malachi 3:17 proclaims
    • Guest_3029 : The Name of God In Bible And Quran
    • Guest_3355 : Dari Hari Sabat ke Hari Minggu Sebuah Ringkasan Disertasi dari Dr. Samuele Bacchiocchi, terjemahan sdr Adiat Sarman. «link»
    • Guest_1003 : ya memang perlu dan memang sangat berguna di masa depan, kebenaran akan terus meningkat
    • Guest_3483 : Konflik Pemakaian Kata 'Allah' 3 Gereja di Malaysia Dibakar «link»
    • GKmin : @jimmnet05; coba kontak langsung sj distributornya 021-42886275 - 42889058 (Abiyah Pratama)
    • jimmnet05 : Software KS-ILT untuk komputer dan untuk HP/PDA masing-masing harga Rp20.000. masih bisa saya pesan. makasih
    • GK : @natha, download sj dari internet... googling saja
    • natha : aku pengen punya lagu rohani bahasa ibrani bisa didapat dimana yach??
    • Guest_2478 : Lihat berita "Contoh" di Kupang hanya karena perbutan tempat ibadah "Mereka" berselisih saling tuntut saling Memaki inikah Murid2 YESUS..? atau KRISTEN. Padahal tempat ibadah ada dalam diri masing2. apakah mereka lupa..? Bagaimana jika nanti Gereja sdh tidak ada..? Apakah Gema YESUS KRISTUS yang penuh "KASIH" turut hilang..? wahai gembala kembalikan Domba-domba Yesus, karena yang punya akan segera datang...menanya kan domba milikNYA.
    • ratz : @raja Damai, ...... anda lucu... => peace! YHWH bless u
    • IsHeng : Tema : “TUHAN ITU BAIK KEPADA SEMUA ORANG” Sub Tema: “Diberkatilah Dia yang Datang dalam Nama YHWH untuk Pulihkan Segala Perkara”
    • cga : Guest_1870, Yesus datang memberitakan Kerajaan Bapa (Bapa YHWH, bukan Bapa Allah)
    • Guest_1870 : Yang pasti Yesus datang tidak untuk mendirikan suatu "Agama" Yesus mengajarkan "KASIH" untuk semua "Manusia" dan menganjurkan Menjadikan suku bangsa menjadi MURID-NYA ? Mohon jangan saling membenci jika ada perbedaan di mana KSAIH saudara-saudara semua..? Kemana KASIH yang diajarkan dalam PB oleh Yesus? pelajari-selidik i dengan seksama ..bersama dalam KELEMAH LEMBUTAN"
    • GKmin : @Raja Damai: baca Yoh 5:24 , Yesaya 48:12, Lukas 10:22. juga Matius 7:22-23
    • Raja Damai : Salam sejahtera dalam persekutuan didalam Tuhan Yesus Kristus. Terima kasih atas infonya. saya tidak berminat untuk dihubungi, karna saya jelas tahu apa maksud isi internet ini. jadi tolong carilah kebenaran. jangan hanya mengarah pada ibadah Taurat. semoga anda bisa bertobat.
    • Yahudi_1972 : "Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya". "Tantri" ini siapa? Mana tulisan Tantri yg kukomentari? Perasaan takada tuh!? Atau Tantri ini 'bunglon' bingung?
    • Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya, tapi berhubung saya ngak ngerti maksud tulisan Anda, akan sangat membantu jika Anda berikan juga terjemahan dalam bahasa Indonesia atau baha Inggris atas tulisan Anda
    • Guest_4138 : memangnya di Kitab Taurat ada ALLAH? mimpi kali...
    • Guest_4138 : @Guest_3380, hihihi.. Tuhannya nabi Ibrahim adalah YHWH? nggak percaya? bacalah kitab Taurat...
    • Guest_3380 : bingung cari tuhan, kayak nabi ibrahim akhirnya dia sadar tuhab yang baenar adalah yang menciptakan langit dan bumi.
    • Yahudi_1972 : Kol od balevav penimah Nefesh Yehudi homiyah. Ulfa'atey mizrach kadimah, ayin letzion tzofiyah. Od lo avdah tikvatenu, hatikvah bat shnot alpayim: Li'hyot am chofshi b'artzenu Eretz Tzion v'Yerushalayim.
    • GKmin : @Raja Damai, sekiranya anda bersedia memberikan nama, alamat,, email atau no.kontak yg jelas, mungkin kita bisa berbincang2 atau chating....
    • GKmin : @Raja Damai, Anda mengajak kembali ke Tuhan yg mana? Tuhan Allah atau Tuhan YHWH?
    • Guest_1820 : kembali ke tuhan mana? Allah atau yhwh?
    • Yahudi_1972 : Syukurlah kalau Tuhan yang menghukum pasti Dia tidak akan menyiksa
    • Raja Damai : hati hati, saat ini kuasa iblis sedang menyesatkan banyak orang... berhati hatilah, sebab antikris memakai orang yang membuat website ini untuk menyesatkan banyak orang... berhati hatilah....
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang
    • Raja Damai : Bertobat yang membuat website ini....
    • Raja Damai : mari kembali kepada Tuhan..
    • EFFORTA : dlm google search terjemahan,kata GOD masih diterjemahkan ALLAH.ko ga TUHAN ya? coba ini deh,«link» llvoices.com/con tributed-news/12 84780-glorify-go d
    • Jarman Nasry : (baca: Jehovah’s Witnesses) di Amerika tahun 1931, era 1940-an di Indonesia nama Saksi-Saksi Yehuwa pun menjadi nama resmi organisasi Siswa-Siswa Alkitab Internasional. Apakah era ’40-an adalah waktu yg ‘baru beberapa tahun’ saja? Sdr GKmin ini lahir tahun kapan? Jadi yg mana lebih mengetahui sejarah SSY Indonesia: sumber SSY sendiri atau ‘orang luar’ yg cerdik???
    • Jarman Nasry : Kapan “DULU” itu? Kapan SSY [di Indonesia] ‘memang menyebut dirinya Saksi Yehova’? Kapan “baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi ‘Yehuwa’"? Victory Rattu seorang SSY kawakan, kakek teman sekolah putri kami, bercerita kalau ayahnya Theodore Rattu asal Manado adalah SSY pertama di Indonesia. Menurut Vic, seiring dengan diterimanya Nama Baru
    • GKmin : @Jarman, bukankah DULU SSYehuwa memang menyebut dirinya Saksi Yehova, bukankah baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi "Yehuwa"
    • Jarman Nasry : ya sebutlah “Jehovah Witnesses” […] He he he…kok jadi SSY yg dibahas yaa!? Hm, sy sdh periksa KPR 1:8. Perintah menginjil langsung didengar murid2 dari mulut Yesus. Yang mana dari ayat itu yg Sdr anggap ditujukan langsung kpd Sdr sehingga Sdr ngaku-ngaku “saksi Kristus”???
    • Jarman Nasry : utk mengidentifikasi sekelompok orang yg diorganisasi utk menyembah Yehuwa di bumi Indonesia. Kalau ada yang memanggil mrk dgn istilah/sebutan lain selain SSY, seumpama “saksi Yehova,” maka sebutan seperti itu biasanya dimaksudkan utk mengejek atau menghina. Bibir yg membunyikan ejekan, hinaan dan kata2 merendahkan orang lain biasanya datang dari hati yg sakit dan dengki! Sekiranya ada yg beralasan “itu kan diambil dari bhs Inggeris?” Kalau dari bhs Inggeris,
    • Jarman Nasry : Menurut sy, kalau ada orang yang memakai nama/istilah/seb utan lain kepada seseorang sedangkan seseorang itu sudah memilihkan suatu nama/istilah/seb utan yg melalui itu orang diharap dapat menyapa dia sesuai yg dia inginkan, maka orang yang menggunakan nama/istilah/seb utan lain selain itu, entah dgn sengaja atau pun tidak, kuanggap telah melakukan pelecehan verbal yg merendahkan! Saksi Yehuwa sudah pilihkan nama/sebutan “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY)
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GKmin : @Jarman, sudahkah anda teliti tulisan sy? mana yg menunjukkan iri/dengki pd SSY? sy hanya tegaskan bhw sy bukan SSY. Di Salatiga, sy jg py teman SSY, sy jg pernah datang ke gerejanya, tapi sy BERBEDA dg mereka.
    • Jarman Nasry : sung kepada SSY.
    • Jarman Nasry : sering lihat dlm tulisan orang2 seperti GKmin. Saya heran kok Kristiani tapi masih ada dengki dan iri-hati kpd sesamanya sendiri [okelah ini hanya intermeso sj, kiranya kita lebih jujur utk menghargai orang dan namanya]. Hm aneh memang orang yg mengaku sebagai Saksi Yehuwa. Apa yg mrk “saksikan” ttg Yehuwa ya? Bukankah Yehuwa tidak bisa “dilihat” mata jasmani? Jadi bgm pula orang menjadi “Saksi-Nya”??? Mungkinkah SSY sendiri yang lebih tahu alasannya? Baiklah Sdr dan sy bertanya lang
    • Jarman Nasry : Sdr ingin tahu maksud sy dgn ‘Saksi Yehova’? Ah saya tak punya maksud apa2 dgn mrk, sebaiknya sdr tanya langsung sj ke mrk apa yg sdr ingin tahu dari mrk. Kalau sy omong ttg mrk mungkin omongan sy kurang obyektif, nanti dinilai macam2, dianggap memfitnah atau malah melebih-lebihkan pencapaian mrk, dsb. Tapi fakta yg saya tahu ttg mrk adalah bhw mrk sebut dirinya “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY). Sebutan ‘saksi Yehova’ diberikan oleh orang2 yang cenderung dengki dan iri-hati, seperti yg say
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GK : @Jarman, hm.. kalau pemahaman anda seperti itu, lantas apa yg anda maksud dg saksi Yehova?
    • Jarman Nasry : an mati atau sewaktu Ia bangkit dan naik ke sorga! Tidak. Anda bukan saksi Kristus Yesus. Sesungguhnya yang disebut ‘saksi Kristus Yesus’ hanya pria dan wanita Kristen yang telah “bersama-sama” dengan Dia sewaktu Ia di bumi Israel sekitar abad kesatu M. Di antara mereka ada para rasul-Nya dan murid2 mereka. Mereka cocok disebut Saksi-Saksi Yesus Kristus: saksi dari pelayanan, penderitaan, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga. JADI ANDA SAKSI APA???
    • Jarman Nasry : Anda adalah "saksi Kristus"??? He he he...anda adalah 'saksi' dari apanya Kristus? Saksi dari pelayanan-Nya? Saksi dari kematian-Nya? Saksi dari kebangkitan-Nya atau saksi dari kenaikan-Nya ke sorga??? Yang mana? Siapa bilang anda adalah ‘saksi Kristus’??? Anda yang ngaku-ngaku atau anda telah membaca “kata-kata itu” ada di Alkitab??? Kalau anda mengaku anda saksi Kristus maka anda telah berbohong karena anda tidak ada “di sana” sewaktu Yesus melayani atau sewaktu Ia menderita d
    • Guest_1097 : spam, hore.. bersenang-senang lah dengan sex bebas, karena untuk berlatih melayani 72 bidadari surga...
    • spam... : Hore... hore.... bersenang2lah dengan sex bebas karena tuhan akan mengampuni kita klo kita buat pegakuan dosa... apa ini bener ???
    • spam... : Bernyanyilah bagi Elohim, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah YAHWEH; beria-rialah di hadapan-Nya! ( Mazmur 68:5 )
    • kristenisasi : Tuh keinginan kalian... Keinginan tiap pemeluk kristen.. Siapa domba2 yang tersesat itu.. apakah kalian ato umat yang lain?????
    • D'MASIV : Nyanyi nyokkk... tuk Hura22
    • YESUS : Sekarang kalian Kebaktian... apa yang anda dapatkan.... Segala yang menyenangkan.., ato ketenangan batin... Ato hanya hura2.. nyanyi2 yang gak masuk akal
    • YESUS : Aku adalah Nabi Isa... Nabi kalian yang kalian anggap Tuhan
    • Guest_650 : Seharusnya para penganut kristen memahami.. bahwa apa yang menjadi pegangan selama ini merupakan sesuaatu yang salah sesuatu yang udah tercemar sengan tangan2 dosa. apa kita harus mengagung2kan ciptaan manusia.. TUHAN itu ada, dan Dia yag buat kitab suci bagi manusia.. bukan manusia yang buat kitab "bisa aja tidak suci"
    • Guest_650 : Islam adalah agama pembaruan dari semua agama...
    • GKmin : @Jarman, terserah anda menganggap apa...kami saksi Kristus yang percaya pada TUHAN YESUS, dan BAPA YHWH.
    • Jarman Nasry : Saya tidak menghakimi siapapun, Saudaraku yang terkasih. Saya hanya mengatakan apa yang benar yang dibisiki oleh kejujuran manusia batiniah saya bahwa Saudara2 ini adalah "Saksi-Saksi Yehuwa." Kalau Saudara2 ini TIDAK MAU akui diri sebagai 'Saksi-Saksi Yehuwa' jadi Saudaraku ini Saksi apa??? Pasti Saudaraku BUKAN Saksi Setan, bukan? He he he... jujurlah bahwa Saudara-saudara adalah Saksi-Saksi Yehuwa [TITIK]
    • GKMin : @Jarman, anda terlalu cepat menilai...pelaja ri dengan cermat bedanya Saksi Yehuwa dengan 'kami'. (jangan menghakimi sesamamu, itu perintah TUHAN YESUS...
    • Jarman Nasry : Saksi-Saksi Yehuwa sudah kembali? Bukan. Sebenarnya Saksi-Saksi Yehuwa terus kembali!
    • Jarman Nasry : Sepertinya iya. Belasan tahun lalu Saksi Yehuwa [Yehowis] memberitahu saya pentingnya mengenal nama itu. Satu-dua tahun ini ada lagi kelompok baru. Saya namakan 'kaum Yahwis' karena mereka bilang nama Tuhan itu "Yahwe". Saya tahu mereka yang belakangan ini pasti adalah "Saksi-Saksi Yehuwa" itu. Mereka sudah kembali!
    • Guest_1638 : @Jarman, apakan persoalan nama Tuhan ini, berkaitan dengan denominasi gereja?
    • Jarman Nasry : Kenapa baru sekarang segelintir orang mempersoalkan istilah "Allah dan YHWH"? Saya sebagai seorang awam merasa "perselisihan" ttg doktrin Kitab Suci di antara kita sesama Kristiani hanya akan menguras energi banyak yang kalau diarahkan kepada kemaslahatan umat tanpa memandang denominasi dan kelompok gereja justeru malah akan membawa kekuatan dan ketahanan iman bagi warga jemaat Kristus seraya menyiapkan umat menyongsong waktu kedatangan Tuan Yesus yang kedua
    • murid Jesus Christ : Sahabatku, tetaplah semangat !
    • Guest_2764 : @guest _1188,bukan dari tuhan lsg kali sobat..tapi lewat malaikat gibril.skrg yg perlu qt renungkan,apakah "gibril"itu bnr2 malaikat YHWH?ALLAH..atau malahan hnya syetan yg menyamar?
  • Kategori

  • Tulisan Terakhir

  • Tanggapan Terakhir

  • Arsip

  • Literatur

    tersedia beberapa VCD yang dapat menjadi literatur Anda, silakan klik menu/halaman Literatur
  • Bebas dari Setan?

    Jika anda ingin terbebas dari kuasa kegelapan (kuasa Setan), mungkin Tim dari Lembaga Pelayanan HOLISTIK di Salatiga, dapat membantu anda.

    atau, silakan baca dulu

    Orang Kristen tidak bisa kena santet/hipnotis

  • Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku (Mazmur 91:14)

    doa Bapa Kami:

    Bapa kami yang ada di surga, dikuduskanlah namaMu.... datanglah kerajaanMu.... dst.

    pernahkah anda bertanya:

    ..... siapa namaMU Bapa?.....

    .

    SUDAH terbit, BUKU: dapatkan di toko-toko buku umum...tanyakan ke petugas, sebab di beberapa toko buku rohani, buku ini disembunyikan...