Yesaya 52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Awal kebijaksanaan adalah memanggil sesuatu dengan namanya yg benar. (Pepatah Cina)

Terjemahan yang salah, menjadikan salah tafsir (3)

Alkitab LAI-TB
Yesaya 29:12 dan apabila kitab itu diberikan kepada seorang yang tidak dapat membaca dengan mengatakan: “Baiklah baca ini,” maka ia akan menjawab: “Aku tidak dapat membaca.

hm.. ayat ini kadang digunakan oleh rekan-rekan Muslim untuk menunjukkan bahwa nabi Yesaya-pun menubuatkan kedatangan Muhammad, karena dianggap Muhammad adalah seorang nabi yang BUTA HURUF. Nampak sekali bahwa ayat tersebut “pas” jika dikaitkan dengan Mohammad yang buta huruf.

Tetapi, apakah terjemahan LAI tersebut tepat?

Sekarang kita lihat terjemahan di Kitab Suci Indonesian Literal Translation. (literal translation adalah penterjemahan secara literal (kata-per kata), artinya terjemahan KS-ILT diupayakan sedekat mungkin dengan maksud kata aslinya)

KS-ILT: Yesaya 29:12 Dan kitab itu diberikan kepada orang yang tidak mengetahui kitab, dengan mengatakan: Aku mohon, bacalah ini! Dan dia berkata: Aku tidak mengetahui kitab!”

Coba sekarang kita lihat terjemahan King James Version 1611 (KJV- adalah terjemahan yang disebut “Authorized Version”, karena ini adalah terjemahan yang resmi atas permintaan Raja Henry di Inggris tahun 1611)

KJV:
Isaiah 29:12 And the book is delivered to him that is not learned, saying, Read this, I pray thee: and he saith, I am not learned.

LAI memang … sih… (ngaco hahaha…)

Sayang orang Kristen di Indonesia, sebagian besar mengandalkan Alkitab terbitan LAI, karena mungkin tidak memiliki akses pada Kitab Suci-Kitab Suci versi lainnya. Saya pernah datang ke beberapa toko buku kristiani, mencari Bible King James Version, tidak menemukannya. Untungnya secara tak terduga,beberapa waktu kemudian, saya menemukan Bible KJV cetakan tahun 1977 di gudang buku di rumah, pun ternyata itu dulu diperoleh secara GRATIS, oleh The Gideons International. (tapi kalau di Yerusalem, masih banyak dijual Bible KJV, sehingga, kalau sempat ke Yerusalem, dan belum punya Bible KJV, belilah di sana sebagai oleh-oleh, harganya sekitar 100.000 rupiah, cetakan Israel, jauh lebih bagus dibandingkan dengan punya saya yang gratisan terbitan tahun 1977 — hehe… , saya belum pernah ke Yerusalem sih…, tapi adik saya punya KJV dari Yerusalem)

Untung juga sekarang kita dapat memperoleh KS elektronik (software) beberapa versi yakni dari “E-SWORD”, yang dapat didownload secara gratis. Dapat juga didownload secara gratis, KJV untuk handphone/PDA berbasis Java. (cari sendiri ya websitenya, minta bantuan Google.com saja)

Atau kalau mau yang lebih bagus, bisa pakai software BibleWorks, yang dapat dibeli dengan harga beberapa ratus dolar Amerika. (untung juga saya pernah diberi software BibleWorks secara gratis oleh seorang teman, walau versinya lama,(kalau tidak salah, sekarang sudah versi 8) tapi buat saya orang awam, sudah sangat mencukupi, bahkan lebih dari cukup.)

Merenung boleh, mengabaikan boleh, kalau mau berkomentar dipersilakan…

9 Comment(s)

  1. Saya kira lebih tepat terjemahan dari LAI, karena Yes29:12 merupakan bahasa sindiran.

    Saya akan lampirkan terjemahan dari NIV, Yes 29:11-13
    (ay11) For you this whole vision is nothing but words sealed in a scroll. And if you give the scroll to someone who can read, and say to him, “Read this, please,” he will answer, “I can’t; it is sealed.”
    (ay12) Or if you give the scroll to someone who can not read, and say, “Read this, please,” he will answer, “I don’t know how to read.”
    (ay13) The Lord says: “These people come near to me with their mouth and honor me with their lips, but their hearts are a far from me. Their worship of me is made up only of rules taught by men”

    KJV, ay 12 And the book is delivered to him that is not learned, saying, Read this, I pray thee: and he saith, I am not learned. (Dan buku dikirimkan/diberikan kepada dia yang tidak berilmu, berkata, Baca ini, Saya berdoa pada Tuhan: dan dia menjawab Saya tidak berilmu.) Jelas, terjemahannya bukan “mengetahui”, karena “learned” adalah kata sifat bukan kata kerja!

    Terus terang, saya tidak mengerti kenapa ayat itu dapat dipakai untuk nubuatan nabi Muhammad.

    Inti dari Yes 29:11-13 ada di ayat ke 13. Ayat ini berbicara tentang kehendak Tuhan yang berbeda dengan legalitas agama, dalam hal ini adalah aturan manusia dalam beragama yang dibuat seolah-olah kehendak dari Tuhan, makanya ayat ini dikenakan Yesus pada orang Farisi (Markus7:6-7).
    Bagaimana penjelasan ayat 11 dan 12 di atas?

    Ayat 11 menyatakan suatu kondisi kehendak Tuhan sudah tidak berarti lagi dan hanya menjadi seperti buku/kitab yang tertutup/tersegel/termateraikan.
    Anda tahu buku yang tertutup/tidak bisa dibuka? Ketika Anda menyodorkan buku yang tertutup kepada orang untuk membaca. Apa yang terjadi?

    Ayat 11, merupakan bahasa sindiran, para ahli agama menunjukkan buku yang tertutup / tersegel / termaterai / tidak bisa dibuka untuk dibaca. Walaupun ditujukan kepada orang yang dapat membaca (mengerti huruf) tidak mungkin akan dapat membaca kitab tersebut, karena buku tersebut tertutup / tersegel / tidak dapat dibuka. Selama buku tersebut tidak dibuka, apa gunanya menyuruh orang membaca walaupun orang tersebut dapat membaca. Jelas bahwa ini merupakan bahasa sindiran, tidak tepat mengganti “orang yang dapat membaca” dengan “orang yang dapat mengetahui.” Akan mengurangi makna sindirannya. Apalagi perintahnya adalah “Bacalah.”

    Apa maksud dari ayat ini? Legalitas agama yang semata-mata hanya merupakan aturan manusia saja, yang dibuat/diterapkan seolah-olah menjadi kehendak Tuhan, membuat orang yang dapat mengerti kehendak Tuhan tidak dapat menjalankan kehendak Tuhan sesungguhnya karena terhalang aturan legalitas agama tersebut.
    Contoh: peristiwa Yesus menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat, orang Farisi tidak setuju / menentang perbuatan Yesus karena peraturan hari Sabat, mereka tidak mengerti maksud kehendak Tuhan yang sesungguhnya, namun hanya melegalisir aturan agama yang akhirnya bertentangan dengan kehendak Tuhan sendiri.

    Ayat 12, merupakan bahasa sindiran, para ahli agama menyuruh orang yang buta huruf untuk membaca. Apakah ada gunanya? Yang dilakukan seharusnya adalah mengajari orang tersebut bagaimana membaca sebelum menyuruh membaca buku. Bukankah sungguh tidak masuk akal menyuruh orang buta huruf membaca? Itulah makna sindirannya! Jika ‘tidak dapat membaca” diganti dengan kata “tidak mengetahui kitab,” jelas akan mengurangi maksud sindiran ini.

    Makna dari ayat ini adalah orang-orang yang mengenal / mengerti kehendak Tuhan, membukakan jalan keselamatan bagi mereka yang tidak mengenal / mengerti kehendak Tuhan, bukannya hanya menyodorkan aturan2 agama yang legaliter yang tidak mendekatkan mereka pada keselamatan justru menjerumuskan. Makanya mengapa, Yesus sangat mengecam orang Farisi, bukan saja mereka orang yang bersih di luar kotor di dalam, tapi juga karena mereka membuat hukum Taurat tidak membawa keselamatan bagi orang-orang Yahudi yang terpinggirkan (kaum miskin, orang berdosa, dll).

    Saya tidak mengerti kalau ayat itu dapat dipakai untuk nubuatan nabi Muhammad, padahal ayat ini adalah merupakan sindiran terhadap agama, pada masa Yesus adalah orang2 Farisi, berarti tidak usah saya jelaskan, Anda sudah mengerti, bahwa secara tidak sadar orang yang memakai ayat ini mengakui agama mereka merupakan agama legalitas yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan yang sesungguhnya.

    JADI SUDAH TEPAT LAI MENTERJEMAHKANNYA.

    Salam Kasih.

    Santo | Apr 8, 2010 | Reply

  2. sori, I pray thee dalam KJV terjemahannya adalah saya mendoakan kamu.

    Santo | Apr 8, 2010 | Reply

  3. @Santo: Nah…Maka dari itu…mereka (Umat Islam) yang tidak tahu apa2 menjadi salah tafsir karena penggunaan kata yang dipakai LAI kurang tepat (bukan salah)…

    Seakan-akan bagi orang awam yang membaca ayat ini pada LAI, mereka akan berkesimpulan kalo org tsbt buta huruf/ tidak bisa membaca.

    Gara-gara ayat ini, banyak para pendeta meninggalkan keyakinannya…mereka (mantan pendeta) mentafsirkan/ sangat yakin kalo ayat ini adalah benar2 nubuat kedatangan Muhammad, karena Muhammad buta huruf…

    Archangel | Apr 29, 2010 | Reply

  4. @GKmin: Mungkin ada Terjemahan yang salah, menjadikan salah tafsir lagi…. Wahyu 22:14

    Archangel | Apr 29, 2010 | Reply

  5. Saudara Archangels, kalau mereka yang salah tafsir sedangkan Alkitab LAI telah tepat menterjemahkannya, apakah Firman Tuhan harus diubah demi kepentingan mereka yang salah tafsir?

    Saya sudah membuktikan bahwa penterjemahan Yes 29:12, sudah tepat LAI menterjemahkannya.
    Justru jika diubah, sangat tidak tepat.

    Mengenai interprestasi, manakah yang harus kita dahulukan kepentingannya? Menyampaikan pesan dengan tepat kepada anak2 Tuhan atau menyampaikan agar orang Islam tidak salah tafsir?

    Anda tidak bisa mengatakan bahwa orang yang meninggalkan Tuhan (mantan pendeta) diakibatkan penerjemahaan suatu Kitab Suci. Menurut saya alasan ini terlalu mengada-ada dan tidak masuk akal. Bukankah Yesus telah mengatakan bahwa banyak orang yang akan meninggalkan Dia karena imannya tidak tahan uji. Bukankah Para Rasul juga mengatakan bahwa banyak orang yang awalnya mengaku sebagai orang percaya akhirnya berubah murtad dan menyesatkan anak2 Tuhan lainnya?

    Alasan Anda merupakan pembenaran diri yang sama sekali bertentangan dengan Firman Tuhan! Siapakah yang memilih bagi-Nya untuk menjadi anak-anakNya, siapakah yang memberikan iman, siapakah yang memberikan pemeliharaan terhadap umat milikNya? Hanya Tuhan! Dan ini menjaawab bahwa orang2 yang murtad itu, bukan pilihanNya sejak awal.

    Demikian penjelasan saya, saudara Archangels, sebelum Anda mencari-cari kesalahan, Anda periksa dulu iman Anda didasarkan pada apa?

    Salam.

    Santo | Apr 29, 2010 | Reply

  6. Kisah Para Rasul 20
    20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.

    Santo | Apr 29, 2010 | Reply

  7. @ Santo

    Saudara Archangels, kalau mereka yang salah tafsir sedangkan Alkitab LAI telah tepat menterjemahkannya, apakah Firman Tuhan harus diubah demi kepentingan mereka yang salah tafsir?

    Firman Tuhan yang mana Bung…? Jangan kacau antara konsep Firman Tuhan dan TERJEMAHAN dari Kitab Suci. Kalau memang terjemahan tidak tepat dan itu bisa menimbulkan salah tafsir, mengapa tidak ditinjau lagi? Bukankah dalam menerjemahkan sebuah ayat tidak melulu hanya dilihat dari satu sumber saja?

    Pastikan dulu, konsep Firman Tuhan itu apa? Yang kita baca itu cuma TERJEMAHAN, yang dikerjakan oleh manusia yang masih bisa salah.

    el | May 1, 2010 | Reply

  8. Dalam konteks ini saya sependapat dengan mas Santo.
    Jadi meskipun orang tidak buta hurufpun tidak akan bisa membaca kitab yang tertutup dan termeterai.
    Ayat ini tidak ada sangkut paut sama sekali dengan nubuat tentang Muhammad.
    Kita perlu baca ayat demi ayat pendahulunya agar tidak menyimpang terlalu jauh penafsirannya.

    Salam kasih.

    Yons | May 9, 2010 | Reply

  9. Benar, bung Yons, memahami Firman Tuhan tidak cukup dari pembacaan 1 ayat. Kita perlu mengetahui konteks latar belakang, konteks perikop, maksud dan tujuan penulisan, serta poin utama dari suatu perikop ayat2, sehingga tidak menyebabkan orang menjadi salah tafsir.

    Salam.

    Santo | May 9, 2010 | Reply

Post a Comment

  • HIDUP penuh bakti ini

    ... bukan dijalani untuk menipu orang atau untuk mengajak orang mengikuti ajaran kita. Hidup penuh BAKTI ini dijalani agar bisa memandang ke dalam SEMUA hal, dan MEMAHAMInya. (Itivuttaka Sutta).

    GK Ministries on Facebook

    GK Ministries on Facebook

    Contact: email: gkmin.net@gmail.com

    hp/sms: 0812.281.0181

    Best viewed by M.Firefox !

    Mohon tidak terburu-buru berkomentar..,jika Anda setuju atau tidak setuju dengan tulisan di sini. Silakan baca dulu beberapa tulisan di website ini.

    Bacalah "@Pengumuman" dulu... dan ini bukan website Saksi Yehova/Saksi Yehuwa

  • ShoutBox

    720 spams blocked
    Last Message 3 days, 10 hours ago
    • Info : Please, resolve the addition below before post any new comment...
    • Guest_4903 : Salut buat GKministries. Teruslah berkarya demi Kemuliaan Bapa Yahweh dan Yeshua Hamasiah - Revival_Name ministry
    • Guest_4903 : gmn caranya dptkan Software-KS ILT utk komputer? tnx Bapa Yahweh memberkati
    • i love YHWH : YHWH adalah bahasa yang langsung diberikan YHWH utk dihormati, bukan utk diganti kemudian dipelesetkan dalam berbagai versi nama oleh semua orang tak terkecuali umat kristiani yg semua ke-imanannya bersumber dari Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru). hari raya natal adalah hasil imijinasi belaka yg tidak tertulis utk di “berlakukan” sebagai hari suci. banyak umat kristiani menjadikan Torah (Perjanjian Lama & Perjanjian Baru) sebagai bahan teori spekulatif agar “gereja” mereka
    • hilarious quotes : Please add my Blog's link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3350 : masih kekeuh menganggap Allah adalah sesembahan orang kristen juga..?? nih, literatur siapakah allah itu «link»
    • Tony : Can you please add my Blog's Link in your Blog...My Blog is «link»
    • Guest_3526 : saya justru beruntung menemukan alamat ini, dan langsung ga pakai besuk dari Allah ke YAHWEH. sro.
    • Guest_1320 : Nama-NYA YAHWEH «link»
    • hadi cahyo : sy tidak pernah mau peduli dgn perdebatan islam-kristen,ba gi sy pribadi & saran unt saudara seiman jgn pernah tepancing dan sakit hati..krn bisa mengeringkan tulang,apapun alsannya lakukan sj firman tuhan.percaya dan yakini saja,kita semua nanti akan tahu dgn sendirinya ketika akhir jaman..amien..
    • citta : video kesaksian YAHWEH tidak sama dengan ALLAH «link»
    • klik: : @Guest_544, coba ke «link»
    • Guest_544 : Dimana link yang membolehkan saya download Software Ks-ILT?
    • klik: : «link»
    • citta : "kalau ada yg tidak mau nama YAHWEH dipulihkan, tidak apa2, krn YHWH adl TUHAN yg demokratis,... tapi harus konsekuen, jangan lagi memuji dgn HALELLUYAH, tapi ganti dgn HALELLUAL"
    • klik: : «link»
    • GK : Saksikan Kick Andy di Metro TV 16 April '10
    • @Guest_1044 : ingat lagi? buka «link»
    • klik: : «link»
    • smart christian : are you..?? «link»
    • Guest_1044 : «link»
    • Guest_1044 : saya rasanya pernah baca tulisan di web ini, tentang Yesus tidak mati pada hari Jumat, tapi saya cari-cari koq sudah tidak ada? apa mungkin saya yg salah ingat ya? pak admin apa bisa bantu? thanks.
    • klik: : «link»
    • citta : klik link "YaHWeH the Almighty God and Yahshua",... banyak tulisan menarik di sana... ^_^ enjoy reading..!!
    • tamu : Agnostik_Setia : ya kamu baca saja Kitab Wahyu 14:1
    • Agnostik_Setia : Penting banget ya tau siapa nama tuhan itu? Takut ketuker sama yg laen ya?
    • Guest_4 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_4803 : @ Guest_544: jika Anda telah membaca tulisan2 dalam web ini, maka Anda akan tahu bahwa "nama" Allah bukanlah NAMA dari Tuhan yg menjadi Tuhan yg ada di Kitab Suci, karena namaNYA adl YHWH/Yahweh, dmkn jg dgn Yesus Kristus yg namaNya dlm bhs Ibrani adl Yeshua (YHWH Shua) Hamasiakh, nah, setelah Anda mengetahui sesuatu yg benar, apakah Anda akan tetap mempertahankan yg tidak benar..?? Utk KS-ILT, silakan saja langsung menghubungi admin di no hp di atas. YBU
    • Guest_544 : Persoalan yang membingungkan apakah sebutan Allah Bapa atau Yesus Kristus itu masih bisa atau disebaliknya. Saya advent tetapi masih mencari kepuasan yang sesungguhnya tentang kebanarn Firman Tuhan
    • Guest_4803 : @ Guest_544 : Anda bingung.?? tidak mengapa, kebingungan adl sebuah awal yg baik. apa yg membuat Anda bingung..? utk menjawab pertanyaan Anda, perlu mengetahui dimana titik kebingungan Anda, shg jawabannya pun tepat sesuai yg Anda butuhkan dgn cara yg Anda bisa pahami. YBU
    • Guest_544 : Semakinsaya membaca semaikin saya bingung.Apa nama Tuhan yang benar?
    • Guest_3440 : download ISLAMIC INVASION di «link»
    • Guest_1880 : Apakah Allah= Al+ilah ? bagus Bos, ini link nya «link»
    • Guest_3029 : Jesus said, “YHVH our God , YHVH is one” (Mark 12:29). The Hebrew word for YHVH or LORD in capital letters is YHWH or YHVH represented by the same Hebrew tetragram letters (vs. Lord meaning Master). Some Indonesian and Malaysian bibles use the words TUHAN for YHVH and Tuhan for Lord. Hebrew Alphabet Charts in the internet such as at «link» translate the tetragram YHVH as “Hand Revealed Nail Revealed”; i.e. Jesus. The Old Testament Malachi 3:17 proclaims
    • Guest_3029 : The Name of God In Bible And Quran
    • Guest_3355 : Dari Hari Sabat ke Hari Minggu Sebuah Ringkasan Disertasi dari Dr. Samuele Bacchiocchi, terjemahan sdr Adiat Sarman. «link»
    • Guest_1003 : ya memang perlu dan memang sangat berguna di masa depan, kebenaran akan terus meningkat
    • Guest_3483 : Konflik Pemakaian Kata 'Allah' 3 Gereja di Malaysia Dibakar «link»
    • GKmin : @jimmnet05; coba kontak langsung sj distributornya 021-42886275 - 42889058 (Abiyah Pratama)
    • jimmnet05 : Software KS-ILT untuk komputer dan untuk HP/PDA masing-masing harga Rp20.000. masih bisa saya pesan. makasih
    • GK : @natha, download sj dari internet... googling saja
    • natha : aku pengen punya lagu rohani bahasa ibrani bisa didapat dimana yach??
    • Guest_2478 : Lihat berita "Contoh" di Kupang hanya karena perbutan tempat ibadah "Mereka" berselisih saling tuntut saling Memaki inikah Murid2 YESUS..? atau KRISTEN. Padahal tempat ibadah ada dalam diri masing2. apakah mereka lupa..? Bagaimana jika nanti Gereja sdh tidak ada..? Apakah Gema YESUS KRISTUS yang penuh "KASIH" turut hilang..? wahai gembala kembalikan Domba-domba Yesus, karena yang punya akan segera datang...menanya kan domba milikNYA.
    • ratz : @raja Damai, ...... anda lucu... => peace! YHWH bless u
    • IsHeng : Tema : “TUHAN ITU BAIK KEPADA SEMUA ORANG” Sub Tema: “Diberkatilah Dia yang Datang dalam Nama YHWH untuk Pulihkan Segala Perkara”
    • cga : Guest_1870, Yesus datang memberitakan Kerajaan Bapa (Bapa YHWH, bukan Bapa Allah)
    • Guest_1870 : Yang pasti Yesus datang tidak untuk mendirikan suatu "Agama" Yesus mengajarkan "KASIH" untuk semua "Manusia" dan menganjurkan Menjadikan suku bangsa menjadi MURID-NYA ? Mohon jangan saling membenci jika ada perbedaan di mana KSAIH saudara-saudara semua..? Kemana KASIH yang diajarkan dalam PB oleh Yesus? pelajari-selidik i dengan seksama ..bersama dalam KELEMAH LEMBUTAN"
    • GKmin : @Raja Damai: baca Yoh 5:24 , Yesaya 48:12, Lukas 10:22. juga Matius 7:22-23
    • Raja Damai : Salam sejahtera dalam persekutuan didalam Tuhan Yesus Kristus. Terima kasih atas infonya. saya tidak berminat untuk dihubungi, karna saya jelas tahu apa maksud isi internet ini. jadi tolong carilah kebenaran. jangan hanya mengarah pada ibadah Taurat. semoga anda bisa bertobat.
    • Yahudi_1972 : "Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya". "Tantri" ini siapa? Mana tulisan Tantri yg kukomentari? Perasaan takada tuh!? Atau Tantri ini 'bunglon' bingung?
    • Tantri : ngak ngerti apa Anda paham dengan tulisan saya, tapi berhubung saya ngak ngerti maksud tulisan Anda, akan sangat membantu jika Anda berikan juga terjemahan dalam bahasa Indonesia atau baha Inggris atas tulisan Anda
    • Guest_4138 : memangnya di Kitab Taurat ada ALLAH? mimpi kali...
    • Guest_4138 : @Guest_3380, hihihi.. Tuhannya nabi Ibrahim adalah YHWH? nggak percaya? bacalah kitab Taurat...
    • Guest_3380 : bingung cari tuhan, kayak nabi ibrahim akhirnya dia sadar tuhab yang baenar adalah yang menciptakan langit dan bumi.
    • Yahudi_1972 : Kol od balevav penimah Nefesh Yehudi homiyah. Ulfa'atey mizrach kadimah, ayin letzion tzofiyah. Od lo avdah tikvatenu, hatikvah bat shnot alpayim: Li'hyot am chofshi b'artzenu Eretz Tzion v'Yerushalayim.
    • GKmin : @Raja Damai, sekiranya anda bersedia memberikan nama, alamat,, email atau no.kontak yg jelas, mungkin kita bisa berbincang2 atau chating....
    • GKmin : @Raja Damai, Anda mengajak kembali ke Tuhan yg mana? Tuhan Allah atau Tuhan YHWH?
    • Guest_1820 : kembali ke tuhan mana? Allah atau yhwh?
    • Yahudi_1972 : Syukurlah kalau Tuhan yang menghukum pasti Dia tidak akan menyiksa
    • Raja Damai : hati hati, saat ini kuasa iblis sedang menyesatkan banyak orang... berhati hatilah, sebab antikris memakai orang yang membuat website ini untuk menyesatkan banyak orang... berhati hatilah....
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang... Roh kudus jamah orang ini...
    • Raja Damai : bertobat yang membuat website ini, Tuhan akan menghukum orang yang menyesatkan banyak orang
    • Raja Damai : Bertobat yang membuat website ini....
    • Raja Damai : mari kembali kepada Tuhan..
    • EFFORTA : dlm google search terjemahan,kata GOD masih diterjemahkan ALLAH.ko ga TUHAN ya? coba ini deh,«link» llvoices.com/con tributed-news/12 84780-glorify-go d
    • Jarman Nasry : (baca: Jehovah’s Witnesses) di Amerika tahun 1931, era 1940-an di Indonesia nama Saksi-Saksi Yehuwa pun menjadi nama resmi organisasi Siswa-Siswa Alkitab Internasional. Apakah era ’40-an adalah waktu yg ‘baru beberapa tahun’ saja? Sdr GKmin ini lahir tahun kapan? Jadi yg mana lebih mengetahui sejarah SSY Indonesia: sumber SSY sendiri atau ‘orang luar’ yg cerdik???
    • Jarman Nasry : Kapan “DULU” itu? Kapan SSY [di Indonesia] ‘memang menyebut dirinya Saksi Yehova’? Kapan “baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi ‘Yehuwa’"? Victory Rattu seorang SSY kawakan, kakek teman sekolah putri kami, bercerita kalau ayahnya Theodore Rattu asal Manado adalah SSY pertama di Indonesia. Menurut Vic, seiring dengan diterimanya Nama Baru
    • GKmin : @Jarman, bukankah DULU SSYehuwa memang menyebut dirinya Saksi Yehova, bukankah baru berapa tahun belakangan mereka mengubah menjadi "Yehuwa"
    • Jarman Nasry : ya sebutlah “Jehovah Witnesses” […] He he he…kok jadi SSY yg dibahas yaa!? Hm, sy sdh periksa KPR 1:8. Perintah menginjil langsung didengar murid2 dari mulut Yesus. Yang mana dari ayat itu yg Sdr anggap ditujukan langsung kpd Sdr sehingga Sdr ngaku-ngaku “saksi Kristus”???
    • Jarman Nasry : utk mengidentifikasi sekelompok orang yg diorganisasi utk menyembah Yehuwa di bumi Indonesia. Kalau ada yang memanggil mrk dgn istilah/sebutan lain selain SSY, seumpama “saksi Yehova,” maka sebutan seperti itu biasanya dimaksudkan utk mengejek atau menghina. Bibir yg membunyikan ejekan, hinaan dan kata2 merendahkan orang lain biasanya datang dari hati yg sakit dan dengki! Sekiranya ada yg beralasan “itu kan diambil dari bhs Inggeris?” Kalau dari bhs Inggeris,
    • Jarman Nasry : Menurut sy, kalau ada orang yang memakai nama/istilah/seb utan lain kepada seseorang sedangkan seseorang itu sudah memilihkan suatu nama/istilah/seb utan yg melalui itu orang diharap dapat menyapa dia sesuai yg dia inginkan, maka orang yang menggunakan nama/istilah/seb utan lain selain itu, entah dgn sengaja atau pun tidak, kuanggap telah melakukan pelecehan verbal yg merendahkan! Saksi Yehuwa sudah pilihkan nama/sebutan “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY)
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GKmin : @Jarman, sudahkah anda teliti tulisan sy? mana yg menunjukkan iri/dengki pd SSY? sy hanya tegaskan bhw sy bukan SSY. Di Salatiga, sy jg py teman SSY, sy jg pernah datang ke gerejanya, tapi sy BERBEDA dg mereka.
    • Jarman Nasry : sung kepada SSY.
    • Jarman Nasry : sering lihat dlm tulisan orang2 seperti GKmin. Saya heran kok Kristiani tapi masih ada dengki dan iri-hati kpd sesamanya sendiri [okelah ini hanya intermeso sj, kiranya kita lebih jujur utk menghargai orang dan namanya]. Hm aneh memang orang yg mengaku sebagai Saksi Yehuwa. Apa yg mrk “saksikan” ttg Yehuwa ya? Bukankah Yehuwa tidak bisa “dilihat” mata jasmani? Jadi bgm pula orang menjadi “Saksi-Nya”??? Mungkinkah SSY sendiri yang lebih tahu alasannya? Baiklah Sdr dan sy bertanya lang
    • Jarman Nasry : Sdr ingin tahu maksud sy dgn ‘Saksi Yehova’? Ah saya tak punya maksud apa2 dgn mrk, sebaiknya sdr tanya langsung sj ke mrk apa yg sdr ingin tahu dari mrk. Kalau sy omong ttg mrk mungkin omongan sy kurang obyektif, nanti dinilai macam2, dianggap memfitnah atau malah melebih-lebihkan pencapaian mrk, dsb. Tapi fakta yg saya tahu ttg mrk adalah bhw mrk sebut dirinya “Saksi-Saksi Yehuwa” (SSY). Sebutan ‘saksi Yehova’ diberikan oleh orang2 yang cenderung dengki dan iri-hati, seperti yg say
    • GK : @Jarman, baca Kisah Rasul 1:8
    • GK : @Jarman, hm.. kalau pemahaman anda seperti itu, lantas apa yg anda maksud dg saksi Yehova?
    • Jarman Nasry : an mati atau sewaktu Ia bangkit dan naik ke sorga! Tidak. Anda bukan saksi Kristus Yesus. Sesungguhnya yang disebut ‘saksi Kristus Yesus’ hanya pria dan wanita Kristen yang telah “bersama-sama” dengan Dia sewaktu Ia di bumi Israel sekitar abad kesatu M. Di antara mereka ada para rasul-Nya dan murid2 mereka. Mereka cocok disebut Saksi-Saksi Yesus Kristus: saksi dari pelayanan, penderitaan, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga. JADI ANDA SAKSI APA???
    • Jarman Nasry : Anda adalah "saksi Kristus"??? He he he...anda adalah 'saksi' dari apanya Kristus? Saksi dari pelayanan-Nya? Saksi dari kematian-Nya? Saksi dari kebangkitan-Nya atau saksi dari kenaikan-Nya ke sorga??? Yang mana? Siapa bilang anda adalah ‘saksi Kristus’??? Anda yang ngaku-ngaku atau anda telah membaca “kata-kata itu” ada di Alkitab??? Kalau anda mengaku anda saksi Kristus maka anda telah berbohong karena anda tidak ada “di sana” sewaktu Yesus melayani atau sewaktu Ia menderita d
    • Guest_1097 : spam, hore.. bersenang-senang lah dengan sex bebas, karena untuk berlatih melayani 72 bidadari surga...
    • spam... : Hore... hore.... bersenang2lah dengan sex bebas karena tuhan akan mengampuni kita klo kita buat pegakuan dosa... apa ini bener ???
    • spam... : Bernyanyilah bagi Elohim, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah YAHWEH; beria-rialah di hadapan-Nya! ( Mazmur 68:5 )
    • kristenisasi : Tuh keinginan kalian... Keinginan tiap pemeluk kristen.. Siapa domba2 yang tersesat itu.. apakah kalian ato umat yang lain?????
    • D'MASIV : Nyanyi nyokkk... tuk Hura22
    • YESUS : Sekarang kalian Kebaktian... apa yang anda dapatkan.... Segala yang menyenangkan.., ato ketenangan batin... Ato hanya hura2.. nyanyi2 yang gak masuk akal
    • YESUS : Aku adalah Nabi Isa... Nabi kalian yang kalian anggap Tuhan
    • Guest_650 : Seharusnya para penganut kristen memahami.. bahwa apa yang menjadi pegangan selama ini merupakan sesuaatu yang salah sesuatu yang udah tercemar sengan tangan2 dosa. apa kita harus mengagung2kan ciptaan manusia.. TUHAN itu ada, dan Dia yag buat kitab suci bagi manusia.. bukan manusia yang buat kitab "bisa aja tidak suci"
    • Guest_650 : Islam adalah agama pembaruan dari semua agama...
    • GKmin : @Jarman, terserah anda menganggap apa...kami saksi Kristus yang percaya pada TUHAN YESUS, dan BAPA YHWH.
    • Jarman Nasry : Saya tidak menghakimi siapapun, Saudaraku yang terkasih. Saya hanya mengatakan apa yang benar yang dibisiki oleh kejujuran manusia batiniah saya bahwa Saudara2 ini adalah "Saksi-Saksi Yehuwa." Kalau Saudara2 ini TIDAK MAU akui diri sebagai 'Saksi-Saksi Yehuwa' jadi Saudaraku ini Saksi apa??? Pasti Saudaraku BUKAN Saksi Setan, bukan? He he he... jujurlah bahwa Saudara-saudara adalah Saksi-Saksi Yehuwa [TITIK]
    • GKMin : @Jarman, anda terlalu cepat menilai...pelaja ri dengan cermat bedanya Saksi Yehuwa dengan 'kami'. (jangan menghakimi sesamamu, itu perintah TUHAN YESUS...
    • Jarman Nasry : Saksi-Saksi Yehuwa sudah kembali? Bukan. Sebenarnya Saksi-Saksi Yehuwa terus kembali!
    • Jarman Nasry : Sepertinya iya. Belasan tahun lalu Saksi Yehuwa [Yehowis] memberitahu saya pentingnya mengenal nama itu. Satu-dua tahun ini ada lagi kelompok baru. Saya namakan 'kaum Yahwis' karena mereka bilang nama Tuhan itu "Yahwe". Saya tahu mereka yang belakangan ini pasti adalah "Saksi-Saksi Yehuwa" itu. Mereka sudah kembali!
    • Guest_1638 : @Jarman, apakan persoalan nama Tuhan ini, berkaitan dengan denominasi gereja?
    • Jarman Nasry : Kenapa baru sekarang segelintir orang mempersoalkan istilah "Allah dan YHWH"? Saya sebagai seorang awam merasa "perselisihan" ttg doktrin Kitab Suci di antara kita sesama Kristiani hanya akan menguras energi banyak yang kalau diarahkan kepada kemaslahatan umat tanpa memandang denominasi dan kelompok gereja justeru malah akan membawa kekuatan dan ketahanan iman bagi warga jemaat Kristus seraya menyiapkan umat menyongsong waktu kedatangan Tuan Yesus yang kedua
    • murid Jesus Christ : Sahabatku, tetaplah semangat !
    • Guest_2764 : @guest _1188,bukan dari tuhan lsg kali sobat..tapi lewat malaikat gibril.skrg yg perlu qt renungkan,apakah "gibril"itu bnr2 malaikat YHWH?ALLAH..atau malahan hnya syetan yg menyamar?
  • Kategori

  • Tulisan Terakhir

  • Tanggapan Terakhir

  • Arsip

  • Literatur

    tersedia beberapa VCD yang dapat menjadi literatur Anda, silakan klik menu/halaman Literatur
  • Bebas dari Setan?

    Jika anda ingin terbebas dari kuasa kegelapan (kuasa Setan), mungkin Tim dari Lembaga Pelayanan HOLISTIK di Salatiga, dapat membantu anda.

    atau, silakan baca dulu

    Orang Kristen tidak bisa kena santet/hipnotis

  • Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku (Mazmur 91:14)

    doa Bapa Kami:

    Bapa kami yang ada di surga, dikuduskanlah namaMu.... datanglah kerajaanMu.... dst.

    pernahkah anda bertanya:

    ..... siapa namaMU Bapa?.....

    .

    SUDAH terbit, BUKU: dapatkan di toko-toko buku umum...tanyakan ke petugas, sebab di beberapa toko buku rohani, buku ini disembunyikan...